Senin 04 Februari 2019, 07:25 WIB

Puluhan Rumah di Palangkaraya Habis Terbakar

Antara | Nusantara
Puluhan Rumah di Palangkaraya Habis Terbakar

Ilustrasi

 

KEBAKARAN hebat terjadi di permukiman padat penduduk yang terletak di kawasan dermaga Tugu Soekarno, Jalan S Parman Kota Palangkaraya, Kalimantan Tengah, mengakibatkan sepuluh rumah, barak, dan kafe ludes terbakar.

"Penyebab kebakaran sementara ini diduga akibat korsleting listrik yang ada di atas bangunan rumah warga," kata Kapolres Palangkaraya AKBP Timbul Rein Krisman Siregar, Minggu (3/2) malam.  

Timbul mengatakan, musibah tersebut terjadi sekitar pukul 21.00 WIB dengan menghanguskan 10 bangunan rumah, satu barak tiga pintu, dan tiga unit bangunan kafe, salah satunya milik Pemerintah Kota Palangkaraya.  

"Dari insiden ini, kami akan memintai keterangan beberapa saksi mata yang diduga mengetahui langsung kejadian tersebut," kata Timbul.  

Dia menegaskan, belum mengetahui secara pasti akibat kejadian kebakaran tersebut, baik dari kerugian materil hingga adanya korban jiwa.  Yang jelas, pihaknya dalam waktu dekat ini akan segera menyelidiki kebakaran tersebut dan menyisir bebebrapa lokasi kebakaran untuk mengetahui, apakah ada korban jiwa atau tidak.  

Baca juga: Ormas Bentrok Seorang Tewas

"Nanti kami akan telusuri di beberapa lokasi kebakaran guna mengetahui apakah ada korban jiwa atau tidak," ujarnya.

Lulusan Akpol 1998 itu menambahkan, pihaknya akan membangun tenda darurat dan posko untuk menampung sekitar 14 kepala keluarga yang terkena musibah tersebut.  

Sementara itu, Pemkot Palangkaraya juga berencana membangun dapur umum di sekitar lokasi kebakaran untuk memberikan kemudahan bagi korban yang rumahnya terbakar.  

Jumain, 39, warga yang rumahnya ikut terbakar mengaku sempat melihat ada percikan api dari kabel listrik yang berada di atas pohon rumah warga.  

Saat itu, api langsung menyambar dan menghanguskan bangunan rumah salah satu warga, sehingga menjalar ke rumah warga lainnya.  

"Setahu saya korsleting listrik, api muncul dari atas dekat pohon rumah warga," ucap Jumain.  

Wakil Wali Kota Palangkaraya Umi Mastikah membenarkan, bangunan kafe yang berada dekat Tugu Soekarno tersebut adalah aset Pemkot.  

"Benar bangunan kafe itu aset Pemkot. Untuk kerugian saya belum bisa memastikan berapa, tetapi kami akan inventarisir segera guna mengetahui berapa kerugian Pemkot dari insiden ini," tambahnya. (OL-2)

Baca Juga

Antara

Covid-19 Masih Naik, Jateng Tetap Gelar PTM 100 Persen

👤Akhmad Safuan 🕔Rabu 10 Agustus 2022, 23:46 WIB
KASUS covid-19 di berbagai daerah di Jawa Tengah kembali meningkat dan kini telah mencapai 1.555 warga dirawat di rumah sakit maupun...
dok.ist

Nelayan Sulsel Dukung Ganjar Presiden 2024

👤mediaindonesia.com 🕔Rabu 10 Agustus 2022, 21:56 WIB
TERIKNYA mentari di pesisir Matene tak menggoyahkan semangat komunitas nelayan di Tanete Rilau, Kabupaten Barru, Sulsel menyatakan dukungan...
DOK MI.

Junjung Netiket, Jadi Pejuang Antihoaks

👤Mediaindonesia.com 🕔Rabu 10 Agustus 2022, 21:15 WIB
Di antara netiket yaitu kompetensi mengakses informasi sesuai netiket serta menyeleksi dan menganalisis informasi saat...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya