Rabu 19 Desember 2018, 07:40 WIB

Puncak Arus Libur Natal Diprediksi 21 Desember

Supardji Rasban | Nusantara
Puncak Arus Libur Natal Diprediksi 21 Desember

ANTARA FOTO/Zabur Karuru

 

PUNCAK arus mudik libur Natal 2018 dan Tahun Baru 2019 diprediksi terjadi pada Jumat (21/12) dan Sabtu (22/12). Arus balik ke Jakarta akan berlangsung pada 26 Desember dan 1 Januari 2019.

Kepala Korps Polisi Lalu Lintas (Korlantas) Polri Irjen Refdi Andri mengatakan hal itu seusai rapat koordinasi di area gerbang tol Brebes Timur (Brexit), Kabupaten Brebes, Jawa Tengah, Senin (16/12) sore.

Kepala Korlantas menyebut pada 2 Januari masyarakat sudah kembali dan diperkirakan arus lalu lintas kembali normal. "Kami akan mulai melakukan operasi kesiapan pada 21 Desember."

Refdi juga meminta masyarakat yang hendak mudik saat libur panjang Natal 2018 dan Tahun Baru 2019 untuk mengantisipasi kepadatan di tiga ruas Tol Trans-Jawa, yaitu Tol Cikampek-Cipali, Semarang-Batang, dan Salatiga-Kartasura.

Terkait dengan jumlah kendaraan yang akan melintas di Tol Trans-Jawa, Refdi memperkirakan ada 90 ribu kendaraan yang akan melintas pada puncak mudik dan balik libur Natal dan Tahun Baru.

Ia juga memperkirakan peningkatan kendaraan yang melintas tidak terlalu banyak ketimbang saat mudik Lebaran.

"Kalau pada hari biasa ada sekitar 70 ribu kendaraan yang melintas," paparnya.

Refdi bertutur bahwa sarana dan prasarana jalan sudah lebih baik sekarang ini sehingga tidak ada yang perlu dikhawatirkan. Menurutnya, yang lebih penting ialah soal isu kemacetan, tapi yang lebih utama lagi tentang keselamatan.

"Personel kepolisian diharapkan mampu memberikan pemahaman agar pengemudi tidak memburu kecepatan dan mengejar waktu," tegasnya.

Seusai dari Brexit, mantan Karo Provos Divisi Propam Polri itu melanjutkan perjalanan ke arah timur. "Kami akan mengecek kesiapan jalur Tol Trans-Jawa hingga Surabaya," imbuhnya.

Tol Trans-Jawa

Menurut rencana, Presiden Joko Widodo akan meresmikan lima ruas Tol Trans-Jawa pada Kamis (20/12). Kelima ruas tol yang segera beroperasi dan masih digratiskan hingga akhir tahun itu ialah Pemalang-Batang-Semarang, Salatiga Boyolali-Kartasura, Wi-langan Nganjuk-Kertosono, dan Pasuruan-Proboinggo Grati.

"Sekarang ruas Tol Trans-Jawa Merak-Pasuruan sekitar 901 kilometer. Kalau menyambung hingga Banyuwangi, sekitar 1.200 kilometer. Sekarang baru sampai gerbang tol Probolinggo Grati," ujar Direktur Operasi II Jasa Marga, Subakti Syukur, di Kantor Pusat Jasa Marga, Jakarta, kemarin.

"Total tarif Tol Trans-Jawa mulai Merak sampai Pasuruan Rp512 ribu untuk golongan 1. Itu tarif mulai dari Jakarta sampai dengan Pasuruan. Jika masuk dari Merak, tarifnya Rp575 ribu," tambahnya.

Menurut dia, di tol sepanjang 901 kilometer tersebut sudah tersedia 57 rest area dan 7 parking bay yang disediakan SPBU, serta BBM kemasan. "Kemudian kita terapkan pengaturan penggunaan rest area supaya tidak menumpuk dan menimbulkan kemacetan."

Berdasarkan Permenhub No 115 Tahun 2018, akan dilakukan pembatasan operasional angkutan barang selama masa libur Natal 2018 dan Tahun Baru 2019. Untuk libur Natal 2018, pembatasan angkutan barang dilakukan pada 21-22 Desember dan 25 Desember.

Untuk libur Tahun Baru 2019, pembatasan kendaraan angkutan barang dilakukan pada 28-29 Desember 2018 dan 1 Januari 2019. (Cah/PS/X-10)

Baca Juga

MI/Jamaah

Tradisi Buka Luwur Sunan Kudus, Ribuan Warga Berburu Nasi Jangrik

👤Jamaah 🕔Senin 08 Agustus 2022, 12:16 WIB
Nasi jangkrik merupakan nasi yang dibungkus memakai daun jati dengan lauk daging kerbau atau...
Dok. Bluebird

Bluebird-BIMC Hospital Bali Gelar Pelatihan Pertolongan Pertama Pada Pengemudi dan Karyawan

👤Mediaindonesia.com 🕔Senin 08 Agustus 2022, 11:46 WIB
Panca menambahkan, pengemudi sebagai garda terdepan mempunyai tanggung jawab sebagai pemberi pertolongan pertama, mengingat pengemudi...
MI/Sumaryanto Bronto

Pemprov NTT Tunda Kenaikan Tarif ke Komodo dan Padar

👤Palce Amalo 🕔Senin 08 Agustus 2022, 10:16 WIB
Pemerintah Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) menunda penerapan tarif masuk ke Pulau Padar dan Pulau Komodo sebesar Rp3.750.000 per...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya