Sabtu 10 November 2018, 16:30 WIB

Wagub: Sambut dengan Suka Cita Gelar Pahlawan Depati Amir

Rendy Ferdiansyah | Nusantara
Wagub: Sambut dengan Suka Cita Gelar Pahlawan Depati Amir

MI/Rendy

 

PERJALANAN panjang memperjuangkan Depati Amir sebagai Pahlawan Nasional akhirnya membuatkan hasil. Bertepatan dengan Hari Pahlawan tahun ini, Depati Amir dianugerahkan sebagai Pahlawan Nasional oleh Presiden RI Joko Widodo.

Pada upacara Peringatan Hari Pahlawan di Halaman Kantor Gubernur Provinsi Bangka Belitung (Babel), Wagub Babel, Abdul Fatah, mengajak masyarakat untuk menyambut gelar pahlawan tersebut dengan suka cita.

"Kita juga di tahun ini oleh nasional, salah seorang anak bangsa dari  negeri serumpun sebalai telah dikukuhkan dan didaulat sebagai pahlawan nasional berdasarkan Keppres Nomor 123/TK/Tahun 2018 tentang Penganugerahan Gelar Pahlawan Nasional," kata Wagub, usai upacara peringatan hari pahlawan, Sabtu (10/11).

Hal ini menandakan bahwa ketika Indonesia dijajah oleh penjajah di provinsi Babel juga terjadi perlawanan. Dengan semangat juang, Depati Amir bersama pahlawan lainnya berhasil melawan penjajah, meskipun banyak pahlawan Babel yang gugur.

 

Baca juga: Pesan Presiden bagi Generasi Milenial di Hari Pahlawan

 

Wagub juga mengajak masyarakat untuk mengambil pelajaran dari perjuangan sang pahlawan. Caranya ialah dengan terus semangat dan berjuang untuk mengisi pembangunan dan kemerdekaan.

Sementara untuk Hanandjoeddin yang belum ditetapkan sebagai pahlawan nasional, hal itu akan terua diperjuangkan oleh Provinsi Babel.

"Kita melihat memang Hanandjoeddin baru pertama diusulkan dan berproses, sedangkan Depati Amir kita melihat tahapan panjang dan sudah beberapa  kali ditolak," ujarnya.

Ia menilai, untuk persyaratan ditetapkannya Hanandjoeddin mungkin masih ada dokumen yang belum terpenuhi.

"Perlu suatu usaha dan upaya melengkapi berbagai dokumen, kita  evaluasi dan dapat diusulkan kembali," pungkasnya. (OL-3)

Baca Juga

HO

Habaib Dan Kiai Jatim Doakan Gus Muhaimin Presiden 2024

👤Widhoroso 🕔Jumat 01 Juli 2022, 22:57 WIB
PARA habaib dan kiai serta ribuan warga dari berbagai daerah di Jawa Timur (Jatim) mendoakan Muhaimin Iskandar sebagai Presiden...
DOK.MI

Tanah Longsor di Mamasa, 2 Tewas dan 6 Desa Terisolasi

👤mediaindonesia.com 🕔Jumat 01 Juli 2022, 22:55 WIB
BPBD bersama tim gabungan terus berupaya melakukan penanganan darurat di lokasi terdampak guna menemukan kemungkinan adanya korban...
ANTARA

Sopir Angkot Palembang Resah Dengan Penerapan Aplikasi MyPertamina

👤Dwi Apriani 🕔Jumat 01 Juli 2022, 22:24 WIB
MESKI belum diterapkan di Palembang, Sumatera Selatan, namun masyarakat mulai mempertanyakan penggunaan aplikasi MyPertamina untuk...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya