Selasa 11 September 2018, 13:00 WIB

Sambut 1 Muharram 1440 Hijriyah, Warga Samas Gelar Ritual Mahesa Sura

Agus Utantoro | Nusantara
Sambut 1 Muharram 1440 Hijriyah, Warga Samas Gelar Ritual Mahesa Sura

Lokasi Kirab di Pantai Samas Bantul -- ANTARA FOTO/Regina Safri

 

MENYAMBUT Tahun Baru Hijriyah 1440, warga Pantai Samas, Desa Srigading, Kecamatan Sanden, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta menggelar ritual Tumuruning Mahesa Sura.

Tradisi ini sudah berlangsung sejak puluhan tahun lalu yang diselenggarakan setiap malam pergantian tahun Hijriyah. Ritual kirab Tumuruning Mahesa Sura ini untuk mengenang Mahesa Sura atau seekor kerbau yang dipercaya telah mendatangkan kemakmuran warga di pesisir pantai selatan tersebut.

Kepala Desa Srigading, Wahyu Widodo, menerangkan prosesi Kirab Tumuruning Mahesa Sura dimulai pukul 21. 00 WIB.

Menurut dia, dahulu saat terjadi paceklik, pada 1910, warga dikejutkan dengan adanya kerbau berwarna hitam. Kerbau ini setiap kali melintasi dan merusak tanaman di persawahan atau kebun, justru akan menyebabkan sawah atau ladang menjadi subur dan panenan melimpah.

"Warga yang nyaris putus asa, kemudian berdoa bersama siang malam. Kemudian pagi harinya dikejutkan adanya kerbau yang tidak diketahui pemilik dan asal usulnya. Kerbau atau mahesa itulah yang kemudian menjadikan persawahan atau ladang menjadi subur," katanya.

Karena itu, masyarakat Samas, Srigading selalu mengenang datangnya kerbau hitam itu dengan menggelar ritual Kirab Tumuruning Mahesa Sura sejak 1910.

Prosesi kirab Tumuruning Mahesa Sura ini diawali dari rumah seorang tokoh masyarakat. Dalam prosesi ini dilengkapi dengan uba rampe berupa kerbau, jodang yang berisi aneka makanan (tumpeng) dan buah-buahan, gunungan yang berisi hasil bumi dikirab menuju Pantai Samas yang jaraknya sekitar 1 kilometer.

Setelah tiba di Pantai Samas, uba rampe yang dikirab warga dan didoakan oleh empat kaum (rois).

Usai didoakan uba rambe berupa gunungan dan makanan diperbutkan warga, sedangkan kerbau mahesa sura dilarung ke laut. (OL-2)

Baca Juga

Ist

Kepala BP Batam Padukan Perencanaan BP Batam dengan Pemda

👤mediaindonesia.com 🕔Senin 17 Mei 2021, 21:56 WIB
Perencanaan pembangunan di bawah tanggungjawab Pemkot Batam, akan dipadukan dengan perencanaan Badan Pengusahaan (BP)...
Ist

Babel Masuk 10 Provinsi yang Mengalami Pertumbuhan Ekonomi Positif

👤mediaindonesia.com 🕔Senin 17 Mei 2021, 19:57 WIB
Babel telah berupaya untuk membawa daerahnya menjadi bagian dari 10 provinsi di Indonesia yang mengalami pertumbuhan ekonomi positif...
Ist

Hari Buku Nasional, Ganjar Dapat Kado Spesial dari Anak 11 Tahun

👤mediaindonesia.com 🕔Senin 17 Mei 2021, 18:25 WIB
Bertepatan dengan peringatan Hari Buku Nasional, Abe memberikan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo kado novel karyanya sendiri berjudul...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

Optimalkan Potensi Zakat, Ekonomi Bergerak

Berdasarkan data outlook zakat Indonesia pada 2021 yang dipublikasikan Badan Amil Zakat Nasional (Baznas), potensi zakat Indonesia mencapai Rp327,6 triliun.

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya