Selasa 17 Juli 2018, 09:28 WIB

Menang di Tiga Pilkada, PKB NTT Optimistis Raih 9 Kursi DPRD

Palce Amalo | Nusantara
Menang di Tiga Pilkada, PKB NTT Optimistis Raih 9 Kursi DPRD

ANTARA/Dedhez Anggara

 

KETUA Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Nusa Tenggara Timur (NTT) Yucundianus Lepa optimistis partainya meraih sembilan kursi pada pemilu legislatif 2019.

Di antaranya dua kursi bakal disumbangkan dari daerah pemilihan (Dapil) V yang meliputi Kabupaten Ngada, Nagekeo, Ende dan Sikka.

Jumlah kursi DPRD yang diperebutkan di dapil tersebut sebanyak 11 atau terbanyak jika dibandingkan dengan alokasi kursi di tujuh dapil lainnya, yang sesuai prediksi Yucundianus, masing-masing menyumbang satu wakil rakyat.

Keyakinan Yucundianus bertolak dari hasil Pilkada serentak 2018 yang dimenangkan pasangan calon bupati yang turut diusung PKB di tiga kabupaten di Dapil V yakni Sikka, Ende, dan Nagekeo.

Selain itu, pada Pemilu 2014, perolehan suara PKB di Dapil V mencapai 44.000 melampau bilangan pembagi pemilih (BPP) di Dapil tersebut sebanyak 38.000.

"Tambah 5.000 suara lagi otomatis dua kursi," katanya di  Kupang, Selasa (17/7).

Menurut Dia, PKB NTT dijadwalkan mendaftarkan 65 bacaleg ke KPU di hari terakhir pendaftaran, Selasa (17/7). Caleg yang didaftarkan itu sesuai alokasi  kursi DPRD, terdiri dari 20 bacaleg perempuan dan 40 bacaleg laki-laki.

"Bacaleg yang ditetapkan DPP PKB 30% perempuan, dan sisanya 70% berasal dari kader partai sebanyak 50% dan 50% lagi mewakili kelompok religius dan profesional," ujarnya.

Sekretaris PKB NTT Alosius Malo Ladi mengatakan seluruh parpol, termasuk PKB, mengusung kader-kader terbaiknya di seluruh dapil untuk merebut kursi di DPRD NTT. Namun dia yakin bakal meraih lebih dari satu kursi  di dapilnya yakni Dapil III yang meliputi Kabupaten Sumba Timur,Sumba  Tengah, Sumba Barat, dan Sumba Barat Daya.

"Saya juga optimistis  menghasilkan dua kursi," ujarnya. (OL-2)

Baca Juga

dok.pribadi

MRP dan DPRP Diminta Fasilitasi Pertemuan Para Tokoh Papua untuk Redam Reaksi Pendukung LE

👤mediaindonesia.com 🕔Senin 03 Oktober 2022, 13:32 WIB
Majelis Rakyat Papua (MRP) dan Dewan Perwakilan Rakyat Papua (DPRP) diminta mencari jalan tengah guna mengatasi persoalan yang sedang...
MI/Haryanto

Ganjar Pamer Bangun 9 Fly Over dan Underpass di Jateng

👤Haryanto 🕔Senin 03 Oktober 2022, 13:10 WIB
GUBERNUR Jawa Tengah (Jateng) Ganjar Pranowo sukses menginsiasi pembangunan sembilan fly over dan underpass. Terbaru, fly over Ganefo di...
MGN/Faizal Nurathman & Yuki Pramudya

Pelajar hingga Polisi Gelar Salat Gaib bagi Korban Tragedi Kanjuruhan

👤Faizal Nurathman & Yuki Pramudya (MGN), Muklis Efendi (SB) 🕔Senin 03 Oktober 2022, 11:40 WIB
Ratusan anggota Polresta Cirebon, Jawa Barat melaksanakan salat gaib di halaman Masjid Assallmus...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya