Senin 02 Maret 2015, 00:00 WIB

Surakarta Siap Melatih Calon TKI

Ferdinand | Nusantara
Surakarta Siap Melatih Calon TKI
 
KOTA Surakarta, Jawa Tengah, akan menjadi salah satu tempat pelatihan dan pembekalan bagi calon Tenaga Kerja Indonesia berketerampilan khusus. Kelayakan kota ini dinilai oleh delegasi Badan Nasional Penempatan dan Perlindungan TKI, kemarin.

Delegasi dipimpin Deputi Kerja sama Luar Negeri dan Promosi BNP2TKI Endang Sulityaningsih itu menjajagi potensi Solo Techno Park dan Sekolah Menengah Kejuruan Warga, yang sudah memiliki pengalaman menyiapkan tenaga terampil di berbagai bidang. Bahkan, Solo Techno Park juga menjadi tempat perakitan mobil Esemka.

''Solo Techno Park memiliki kegiatan pelatihan di bidang teknisi pesawat, las bawah air, konveksi, tata boga, animasi, audio visual, dan teknik perkakas. Sementara, SMK Warga andal dalam pelatihan di bidang otomotif,'' kata Wakil Wali Kota Surakarta Achmad Purnomo.

Seusai berdialog dengan tim dari BNP2TKI, dia mengungkapkan bahwa saat ini masih banyak calon TKI yang bekerja ke luar negari tanpa bekal keterampilan memadai. Hal itu membuat daya saing dan daya tawar mereka di negara tujuan rendah.

''Mereka meyakini Solo Techo Park dan SMK Warga mampu melatih TKI. Tapi, pengkajian memang harus dilakukan, dan jika diperoleh kecocokan, akan dilanjutkan dengan kerja sama pelatihan,'' tambah Achmad Purnomo. (N-3)

Baca Juga

MI/Yose Hendra

Morula IVF Padang, Solusi Bagi Pasangan Yang Belum Miliki Buah Hati

👤Yose Hendra 🕔Sabtu 19 Juni 2021, 22:30 WIB
Program IVF di Indonesia semakin diminati pasangan yang tak kunjung memiliki buah hati, termasuk juga di Padang dan sekitar provinsi...
Dok. DPD

Ketua DPD MInta Polri Usut Penembakan di Sumut

👤Mediaindonesia.com 🕔Sabtu 19 Juni 2021, 21:45 WIB
"Secara pribadi, saya juga menyampaikan dukacita yang mendalam atas meninggalnya rekan wartawan Saudara Marsalem Harahap. Semoga...
Antara/Inrianto Eko Suwarso

Komnas PA Sebut Korban Kekerasan Seksual di SPI Capai 60 Orang

👤Mediaindonesia.com 🕔Sabtu 19 Juni 2021, 21:00 WIB
Sejauh ini, kata Ketua Komnas PA Arist Merdeka Sirait, dari 60 korban itu, sebanyak 14 orang di antaranya telah menyelesaikan berkas acara...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

Pungli Tetap Marak Pak Satgas!

Pungli di berbagai layanan publik terus menjadi masalah yang dialami masyarakat, bahkan di tengah kesulitan ekonomi akibat pandemi.

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya