Rabu 06 Desember 2017, 01:46 WIB

Dua Kapal Penyeberangan Beroperasi

(YR/RF/N-3) | Nusantara
Dua Kapal Penyeberangan Beroperasi

MI/YUSUF RIAMAN

 

DUA kapal baru milik PT Multi Guna Maritim dengan rute penyeberangan Pelabuhan Kayangan (Lombok Timur) menuju Poto Tano (Sumbawa Barat) Nusa Tenggara Barat (NTB), resmi beroperasi Selasa (5/12). Peresmian operasional dua kapal penyeberangan ini dilakukan Wakil Gubernur NTB, Moh Amin di Pelabuhan Kayangan, Lombok Timur.

“Ini merupakan dukungan nyata terhadap program pemerintahan pusat yakni pembangunan tol laut. Saya berharap dengan kehadiran dua kapal baru ini, akan menambah kelancaran arus penyeberangan dari Kayangan-Poto Tano dan sebaliknya,” kata Moh Amin. Persemian kapal itu dihadiri anggota DPR, Prananda Surya Paloh, Komisaris Utama ASDP H. Lalu Sudarmadi, Direktur Utama PT. Multi Guna Maritim Ian Morris Budiman, Forkompinda, tokoh agama, tokoh masyarat, dan ratusan undangan lainnya. Amin berharap dengan beroperasinya dua kapal baru ini akan menjadi faktor pendukung pergerakan pertumbuhan ekonomi di NTB.

“Dua kapal baru ini akan ditambah lagi dengan investasi kapal-kapal baru yang lainnya. Seiring dengan peningkatan kebutuhan transportasi laut di NTB,” ucap Amin. Kapal Garda Maritim I & II memiliki dek yang cukup tinggi yakni 4,5 meter. Sehingga kendaraan dengan kapasitas penumpang besar bisa masuk dan terlayani dengan baik. Dengan tambahan dua kapal baru ini, berarti telah menambah jumlah Kapal yang melayani lintas penyeberangan Kayangan-Poto Tano dari 22 kapal menjadi 24 buah kapal.

Direktur utama PT MGMaritim Ian Morris Budiman mengungkapkan alasan ketertarikannya memilih berinvestasi di bidang transportasi laut khususnya di NTB, disebabkan Provinsi NTB memiliki pertumbuhan ekonomi tinggi. Dari Bangka Belitung (Babel), General Manager Pelabuhan Indonesia II Pangkalbalam, Pangkalpinang, Hambar Wiyadi mengatakan saat ini akan dikembangkan pelabuhan untuk kapal besar, yakni Pelabuhan Belinyu Bangka dan Pelabuhan Tanjung Kalian Muntok, dari total lima pelabuhan komersial yang ada di Babel. (YR/RF/N-3)

Baca Juga

MI/Lilik Darmawan.

Akpol 91 dan Polresta Banyumas Sediakan 4.000 Dosis Vaksin kepada Warga

👤 Yakub Pryatama Wijayaatmaja 🕔Sabtu 31 Juli 2021, 17:42 WIB
Kegiatan vaksinasi gratis ini dalam rangka 30 tahun mengabdi Akpol 91. Selain di Polresta Banyumas, vaksinasi berlangsung di Polsek serta...
MI/Supardji Rasban

1.200 Difabel di Kabupaten Tegal Mendapat Vaksinasi Covid-19

👤Supardji Rasban 🕔Sabtu 31 Juli 2021, 17:22 WIB
SEBANYAK 1.200 warga berkebutuhan khusus atau difabel di Kabupaten Tegal, Jawa Tengah, mendapat vaksinasi...
MI/Bayu Anggoro

Pemkot Bandung Izinkan Pasar Kembali Dibuka

👤Bayu Anggoro 🕔Sabtu 31 Juli 2021, 17:10 WIB
PEMERINTAH Kota Bandung, Jawa Barat mulai membuka aktivitas...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

Mencari Abdi Negara di Tengah Pandemi

Jumlah pelamar di bawah perkiraan 5 juta orang dan menurun ketimbang perekrutan sebelumnya.

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya