Senin 11 September 2017, 04:45 WIB

Mina Padi Untungkan Petani

(BB/N-2) | Nusantara
Mina Padi Untungkan Petani

MI/ARDI TERISTI HARDI

 

KELOMPOK Tani Subur Bumi, di Desa Cikurutug, Kecamatan Cireunghas, Sukabumi, Jawa Barat, mampu menerapkan teknologi mina padi. Teknologi itu merupakan terobosan yang dihasilkan Kementerian Kela-utan dan Perikanan. "Teknologi mina padi membuat petani mendapat keuntungan ekonomi tambah-an. Selain padi, mereka bisa memetik penghasilan dari budi daya ikan," kata Kepala Staf Kepresidenan Teten Masduki, saat berkunjung ke Sukabumi, Sabtu (9/9).

Teten datang ke Sukabumi bersama Dirjen Perikanan Budi Daya, Kementerian Kela-utan dan Perikanan, Slamet Soebjakto. Mereka juga melihat hasil penelitian perikanan di Balai Besar Perikanan Budi Daya Air Tawar Sukabumi. "Presiden sudah berkali-kali menyampaikan pentingnya budi daya ikan untuk meme-nuhi peningkatan konsumsi ikan di masyarakat, sekaligus perbaikan gizi. Tidak hanya mengandalkan ikan tangkapan alam, yang selalu dipengaruhi perubahan musim," lanjut Teten.

Ia mengakui banyak kebaik-an mina padi, karena budi daya ikan di sawah juga mengurangi kebutuhan pupuk dan hama padi. "Mina padi bisa menjadi bagian untuk membangun ketahanan pangan." Slamet Soebjakto menambahkan tahun ini ada beberapa program prioritas termasuk pemberian bantuan kepada masyarakat berupa mina padi dan biofolk. Kunjungan ke Sukabumi merupakan upaya untuk mengecek kondisi bantuan yang sudah direalisasikan.

"Sejauh mana bantuan prog-ram itu bisa dikerjakan sebaik-baiknya dan nanti berkembang luas," ujarnya. Ia memastikan konsep mina padi tidak akan mengurangi produksi padi. Justru dengan adanya budi daya ikan bisa memberantas hama dan serangga," terangnya. Kementerian Kelautan dan Perikanan sendiri tahun ini mengucurkan bantuan anggaran mina padi di Kabupaten Sukabumi sebesar Rp1,98 miliar dan bioflok sebesar Rp1 miliar. "Untuk Jawa Barat, nilai bantuan biofolk mencapai Rp9,2 miliar."

Baca Juga

ANTARA

Aktivitas Merapi semakin Meningkat

👤Ardi Teristi 🕔Selasa 01 Desember 2020, 01:00 WIB
ERUPSI Gunung Merapi sudah...
ANTARA/Maulana Surya

Istri Bupati Demak Meninggal akibat Covid-19

👤Akhmad Safuan 🕔Senin 30 November 2020, 23:46 WIB
Almarhum Suntari terkena covid-19 diduga akibat tertular suaminya yang sebelumnya juga sudah positif korona tapi sudah sembuh dan dapat...
Antara

Seluruh RS Rujukan Covid di Banyumas Full Pasien

👤Lilik Darmawan 🕔Senin 30 November 2020, 22:30 WIB
SELURUH tempat tidur isolasi di rumah sakit di Banyumas, Jawa Tengah (Jateng) penuh pasien...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya