Senin 05 Juni 2017, 14:17 WIB

Waspadai Jalur Baru saat Mudik Lebaran

Faishol Taselan | Nusantara
Waspadai Jalur Baru saat Mudik Lebaran

etugas mempersiapkan peresmian pengoperasian Tol Surabaya-Mojokerto (Tol Sumo) di Gerbang Tol Penompo, Mojokerto, Jawa Timur. ANTARA FOTO/Zabur Karuru

 

DINAS Perhubungan Pemerintah Provinsi Jawa Timur mengimbau kepada para pemudik agar tetap berhati-hati saat melintas di jalur yang baru dibuka untuk meminimalisir kecelakaan saat mudik lebaran tahun ini.

"Jalur seperti tol yang baru selesai seperti Tol Surabaya-Mojokerto dengan memperhatikan kecepatan rata-rata," kata Kadishub Jatim Wahid Wahyudi di Surabaya, hari ini.

Kendati demikian semua segmen jalan tol yang sifatnya baru fungsional atau beroperasi sementara ini memiliki struktur minimal LC (land concreate) sehingga jalan tidak lagi berstruktur tanah, tapi sudah cor semen.

"Bagi pemudik yang melewati jalan tol ini harus berhati-hati karena jalan tol masih belum tuntas pembangunannya 100 persen," ujarnya.

Ia menjelaskan, ruas jalan tol Surabaya-Mojokerto (Sumo) sudah bisa dilewati para pemudik, seperti interchange Waru-Krian yang panjangnya mencapai 18 kilometer telah difungsikan walaupun hanya satu jalur saja.

Untuk interchange Krian-Mojokerto yang panjangnya 18,5 kilometer dan interchange Mojokerto-Mojokerto Barat dengan panjang tol lima kilometer sudah operasional, sehingga pengguna tol akan dikenai biaya tol.

Sedangkan, untuk Mojokerto Barat-Jombang yang panjangnya 19,9 kilometer sudah bisa difungsikan. "Khusus yang sifatnya difungsikan, seperti ruas Tol Waru-Krian masih gratis," katanya.

Menurutnya, meski secara umum Tol Surabaya-Kertosono-Ngawi bisa dilewati pemudik, tapi ada ruas jalan tol yang belum bisa dilewati, seperti interchange Jembatan Kali Brantas-Wilangan yang panjangnya 36,4 kilometer dan interchange Ngawi-Widodaren yang panjangnya 20 kilometer. (OL-5)

Baca Juga

MI/Ardi Teristi H

Pengelola Desa Wisata di Kulonprogo Dibekali Kemampuan Pemasaran Digital

👤Ardi Teristi 🕔Rabu 17 Agustus 2022, 07:04 WIB
"Pengembangan konten virtual desa wisata perlu menjadi prioritas inisiatif karena mampu menciptakan efek pemerataan ekonomi sesuai...
ANTARA

77 Penyelam Kibarkan Bendera Merah Putih di Taman Laut Pandanan

👤Mediaindonesia.com 🕔Selasa 16 Agustus 2022, 22:57 WIB
Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Nusa Tenggara Barat Muslim mengatakan bahwa tema peringatan ulang tahun ke-77 Kemerdekaan RI...
DOK MI

Dua Napi Terorisme Di Nusakambangan Ikrar Setia Kepada NKRI

👤Widhoroso 🕔Selasa 16 Agustus 2022, 20:20 WIB
DUA napi kasus terorisme yang menghuni Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Karanganyar, Pulau Nusakambangan, Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah,...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya