Kamis 14 Juni 2018, 07:55 WIB

Atasi Macet dengan Contra Flow dan One Way

CS/JI/AD/UL/Pro/X-11 | Mudik
Atasi Macet dengan Contra Flow dan One Way

ANTARA/HARVIYAN PERDANA PUTRA
JEMBATAN KALI KUTO DIBUKA: Kendaraan pemudik melintasi Jembatan Kali Kuto di ruas tol fungsional Batang menuju Semarang, Jawa Tengah, kemarin. Jembatan dengan panjang 160 meter dengan kekuatan penahan beban sekitar 16 ton tersebut aman untuk dilewati kenda

POLRI kemarin memberlakukan rekayasa lalu lintas berupa contra flow dan one way untuk mengurai kemacetan di sejumlah jalan yang dilalui oleh para pemudik.

Contra flow atau sistem lawan arus, misalnya, dilakukan di Tol Jakarta-Cikampek, yaitu Km 37 wilayah Kabupaten Bekasi hingga Km 66 wilayah Kabupaten Karawang. Penyebabnya karena terjadi penyempitan lajur di Km 38 yang menyebabkan penumpukan kendaraan.

"Kami juga menerapkan sistem buka-tutup di sejumlah rest area dan parking bay. Ditambah patroli agar pengendara tidak istirahat di bahu jalan," ungkap Kapolres Karawang AKB Slamet Waloya, kemarin.

Polres Karawang juga merekayasa lalu lintas untuk pemudik bersepeda motor. "Pemudik roda dua dialihkan ke jalur alternatif," tambah Slamet.

Contra flow ikut diberlakukan akibat macet di Tol Cipali, tepatnya di Km 83 hingga Km 87, sedangkan di Km 162 hingga Km 169 diterapkan buka-tutup.

Sementara itu, Polres Cirebon Kota menerapkan sistem satu arah dari Km 88 hingga Km 218 Mertapada, Kabupaten Cirebon. Seluruh ruas tol dari Subang hingga Mertapada lalu dikhususkan untuk kendaraan dari arah Jakarta menuju Jawa Tengah, sedangkan kendaraan tujuan Jakarta diarahkan ke jalur arteri atau jalur pantura.

"Kami tutup gerbang Tol Ciperna dan Kanci agar kendaraan dari Jateng tidak masuk ke tol," ujar Kapolres Cirebon Kota, AKB Roland Ronaldy.

Polres Cirebon Kota beberapa kali pula melakukan sistem buka-tutup di rest area 207 di ruas Tol Palikanci.

Sistem buka tutup jalan dan contra flow juga dilakukan oleh Polres Brebes akibat padatnya kendaraan di sekitar under pass Karangsawah dan Pasar Linggapura, Kecamatan Tonjong, Brebes. Selama contra flow, kendaraan dari arah Brebes dan Tegal diperbolehkan menggunakan semua lajur.

Sidak menteri

Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Siti Nurbaya, kemarin melakukan sidak ke sejumlah rest area di sepanjang Tol Bekasi hingga Cikampek untuk melihat pola pengelolaan sampah. Pemantauan sampah juga dilakukan di sepanjang jalan atau ruas pinggir tol.

"Saya sudah lihat titik kerapatannya, juga flow kendaraannya. Kelihatannya data awalnya bersih, tapi kalau lihat di jalan, sampahnya lumayan," ujar Menteri Siti saat singgah di Kantor PT Jasa Marga di gerbang Tol Cikarang.

Menurut dia, pihaknya telah melakukan berbagai upaya agar masyarakat mewujudkan mudik bebas sampah. (CS/JI/AD/UL/Pro/X-11)

 

 

Baca Juga

ANTARA FOTO/Paramayuda/foc/18

Puncak Arus Mudik telah Berlalu

👤Hld/Tri/JI/X-7 🕔Minggu 22 Desember 2019, 07:40 WIB
Untuk mengurai kepadatan lalin itu, rekayasa lalin contraflow diperpanjang mulai dari Km 47 hingga Km...
Mi/Permana

Mudik Nataru, Polri Prediksi Lonjakan 40% Mobil di Tol TransJawa

👤Antara 🕔Sabtu 21 Desember 2019, 10:15 WIB
"Banyak masyarakat mudik hari ini. Kenaikan (arus kendaraan) sampai 40%," kata Istiono di Gerbang Tol Cikampek Utama, Cikampek,...
Medcom.id

75 Ribu Kendaraan Tinggalkan Yogyakarta Hari Ini

👤Patricia Vicka 🕔Sabtu 08 Juni 2019, 11:35 WIB
Peningkatan volume kendaraan yang menuju Jawa Tengah mulai terlihat sejak kemarin Jumat, 7 Juni...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya