Jumat 13 Januari 2023, 12:50 WIB

Karyawan Minta KCN Diizinkan Lagi, Heru: Patuhi Prosedur Izinnya

Putri Anisa Yuliani | Megapolitan
Karyawan Minta KCN Diizinkan Lagi, Heru: Patuhi Prosedur Izinnya

DOK Pribadi.
Gerbang terminal pelabuhan KCN.

 

PENJABAT Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono mengungkapkan, PT Karya Cipta Nusantara (KCN) bisa saja beroperasi kembali setelah dicabut izinnya oleh Dinas Lingkungan Hidup (LH) pada tahun lalu. Hal ini dikatakannya manakala ditanya soal aksi demonstrasi yang dilakukan mantan karyawan PT KCN menuntut pembukaan kembali PT KCN karena dampak dari pencabutan izin tersebut terdapat 2.500 karyawan yang menjadi pengangguran.

Namun, ia menegaskan, sebelum bisa beroperasi kembali, KCN harus mematuhi ketentuan yang sebelumnya telah ditetapkan oleh Dinas LH dalam hal pengelolaan dampak lingkungan usaha yang dijalankan.

"Jadi kan ada beberapa syarat KCN yang diminta oleh Dinas LH. Lalau itu sudah bisa dipenuhi ya mudah-mudahan bisa berjalan," kata Heru kepada awak media usai meninjau Taman Agro Eduwisata Ragunan, Jakarta Selatan, Jumat (13/1).

Heru menegaskan pihaknya berupaya bersikap senetral mungkin dan tidak memihak siapapun. Perusahaan yang melanggar dan mencemari lingkungan harus memperbaiki manajemennya agar tidak merugikan warga setempat.

"Jadi kita Pemda DKI kan tidak berpihak kemana-mana. Ada pengaduan warga, ada pencemaran diduga ya pencemaran lingkungan ya diperbaiki," tegasnya.

Di sisi lain, ia mengapresiasi peran perusahaan yang dapat menyerap tenaga kerja dan turut menyumbang terhadap perekonomian daerah.

"Kami juga senang kok kalau KCN itu bisa berjalan lagi, tapi persyaratannya harus dipenuhi," tandasnya.

Sebelumnya, Dinas LH DKI Jakarta mencabut izin PT KCN karena dianggap lalai melakukan pengelolaan dampak lingkungan usaha batubara yang dilakukan. Pencabutan izin dilakukan pada Juni 2022 lalu setelah sebelumnya Dinas LH memberikan sanksi administrasi dan sanksi paksaan pemerintah.

Dinas LH menilai tidak ada perbaikan pengelolaan dampak lingkungan dari PT KCN sehingga sanksi pencabutan izin dijatuhkan. (OL-12)

Baca Juga

MI/Adam Dwi

Kompolnas Minta Klarifikasi Polisi soal Penersangkaan Mahasiswa UI

👤Tri Subarkah 🕔Jumat 27 Januari 2023, 22:34 WIB
Perkara itu dihentikan karena Hasya, yang juga korban dalam kecelakaan itu, meninggal dunia. Kecelakaan tersebut diketahui melibatkan...
DOK.MI

Mahasiswa Korban Tewas Kecelakaan Jadi Tersangka, IPW: Menyakiti Masyarakat

👤Tri Subarkah 🕔Jumat 27 Januari 2023, 21:52 WIB
IPW meminta Polri untuk tidak menyakiti perasaan masyarakat. Penetapan tersangka itu, walaupun kasusnya dihentikan, telah menyakitkan...
DOK MI.

Kecewa Penetapan Hasya Tersangka, Orangtua: Ayo Buktikan ke Pengadilan

👤Mohamad Farhan Zhuhri 🕔Jumat 27 Januari 2023, 21:18 WIB
Kala itu Hasya hendak pergi ke indekos salah satu temannya. Dalam perjalanan, tiba-tiba sepeda motor di depannya melaju...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya