Senin 09 Januari 2023, 15:37 WIB

Buat KTP, KIA, Akta Kelahiran Cepat dan Mudah di Kota Depok

Kisar Rajaguguk | Megapolitan
Buat KTP, KIA, Akta Kelahiran Cepat dan Mudah di Kota Depok

Antara/Asprilla Dwi Adha.
Warga mengisi formulir pendaftaran pembuatan Kartu Identitas Anak (KIA) di Kantor Kecamatan Tapos, Depok, Jawa Barat, Sabtu (22/10/2022).

 

DIREKTUR Utama Media Indonesia Gaudensius Suhardi (GS) memuji kecepatan layanan sdministrasi kependudukan pada Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dipendukcapil) Kota Depok, Jawa Barat. Pujian tersebut ia lontarkan usai mengurus KTP.  

"Pelayanan administrasi kependukan dan kesiapan daerah dalam pelaksanaan layanan identitas administrasi kependudukan digital cukup baik, cepat," kata GS di Gedung Dibaleka Balai Kota Depok, Senin (9/1). Ia mengaku melihat sendiri petugas memberikan layanan administrasi kependudukan, hanya butuh 1 menit paling lama 10 menit.

"Saya mengurus KTP hanya 1 menit. Daftar, foto (jepret), tanda tangan tunggu 1 menit KTP el keluar dari mesin cetakan. Luar biasa," ucapnya.

Kecepatan layanan administrasi kependudukan, kata dia, tak hanya kepadanya. "Saya melihat sendiri ibu-bu mengurus Kartu Identitas Anak (KIA) hanya butuh waktu 1-10 menit langsung jadi. "Tadi juga ada ibu-ibu mengurus KIA maupun pergantian KTP rusak juga cepat tidak sampai 10 menit, langsung dicetakkan," ujar GS kepada Media Indonesia.

Selain memiliki kecepatan layanan, pria yang saat ini merangkap sebagai Direktur Utama Harian Umum Lampung Post itu juga memuji kebersihan dan kerapihan ruang Dispendukcapil yang berada di lantai 1 dan 2. "Mudah-mudahan ini bisa menjadi percontohan dari daerah lain. Pelayanan administrasi Dispendukcapil Kota Depok yang bekerja rapi dan cepat. Mudah-mudahan pula bisa dipertahankan terus, karena salah satu kunci pelayanan yang bagus adalah kecepatan," terangnya.

Atas kecepatan layanan administrasi kependudukan ini, GS menyampaikan terima kasih kepada jajaran Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kota Depok. "Terima kasih untuk Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kota Depok," ucapnya.

Atas apresiasi ini, Kepala Bidang Pelayanan Pendaftaran Penduduk pada Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Depok Jaka Susanta mengatakan, percepatan layanan administrasi kependudukan ini ialah program dalam mendekatkan berbagai layanan kepada masyarakat. "Layanan pengurusan KTP-el, KK, hingga Akta Kelahiran ialah sebagai bentuk layanan kepada warga. Konduktornya ialah Wali Kota Depok Mohammad Idris dan Sekretaris Daerah Kota Depok Supian Suri secara langsung," kata Jaka.

Jaka mengharapkan program layanan cepat pengurusan administrasi kependudukan akan diupayakan lebih baik lagi untuk mendekatkan dan mempercepat berbagai layanan kebutuhan masyarakat. "Dengan demikian, baik pengurusan KTP, KK, Akta Kelahiran, dan berbagai dokumen lain bisa dilakukan dengan baik," pungkasnya. (OL-14)

Baca Juga

MI/HO

Dukung Aksi Tolak ERP DKI, Jumhur Hidayat: Ini Diskriminasi Nyata Terhadap Rakyat

👤mediaindonesia.com 🕔Kamis 09 Februari 2023, 12:01 WIB
RIBUAN pengemudi Ojek Online yang tergabung dalam PREDATORm elakukan aksi unjuk rasa di depan Balaikota DKI Jakarta untuk menolak...
MI/M Irfan

Komunitas Ojol Desak Gubernur DKI Copot Kadishub, Syafrin: Terserah Pimpinan

👤Putri Anisa Yuliani 🕔Kamis 09 Februari 2023, 11:10 WIB
KEPALA Dinas Perhubungan DKI Jakarta Syafrin Liputo angkat bicara usai komunitas pengemudi ojek online (ojol) mendesak Gubernur mencopot...
MI/Susanto

Majelis Hakim Tolak Eksepsi Irjen Teddy Terkait Kasus Peredaran Narkoba

👤Rahmatul Fajri 🕔Kamis 09 Februari 2023, 10:55 WIB
"Menyatakan keberatan atau eksepsi kuasa hukum terdakwa (Irjen Teddy) tidak diterima...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya