Senin 21 November 2022, 15:18 WIB

DLH DKI akan Tindak Mobil Tinja Swasta yang Buang Limbah Sembarangan

Mohamad Farhan Zhuhri | Megapolitan
DLH DKI akan Tindak Mobil Tinja Swasta yang Buang Limbah Sembarangan

MI
Ilustrasi mobil pengangkut limbah domestik

 

DINAS Lingkungan Hidup DKI Jakarta akan menindak perusahaan swasta yang memiliki mobil tinja dan sengaja membuang limbah di sembarang tempat.

Kepala Seksi Humas DLH Yogi Ikhwan mengatakan pihaknya memiliki bidang pengawasan dan penataan hukum untuk memonitor aktivitas dari jasa sedot tinja.

"Itu rutin melakukan pengawasan dan kita sebenarnya sudah mengidentifikasi pangkalan-pangkalan tinja swasta ini di Jakarta, disitu kita monitor apakah mereka buang sembarangan apa tidak," ujarnya kepada wartawan, Senin (21/11).

Ia mengatakan mudah saja untuk mengidentifikasi perusahaan tinja yang suka buang limbah sembarangan. Pasalnya, di DKI hanya ada dua Instalasi Pengolahan Air Limbah (IPAL) yaitu di Duri Kosambi dan Pulo Gebang.

"Jadi kita bisa lihat tuh mana mobil-mobil dan nomor-nomor polisi tertentu yang memang rutin mengirimkan air limbahnya ke sana," ucapnya.

"Kalau misalnya ada truk tangki yang tidak tercatat ke sana, berarti kan tidak buang ke sana itu bisa dipastikan mereka buang sembarangan," ujar Yogi.

Baca juga:  DLH DKI Selidiki Sumber Debu Hitam Cemari Rumah Warga Marunda

Sebelumnya, Dinas Lingkungan Hidup (DLH) DKI Jakarta sudah mengidentifikasi perusahaan swasta yang membuang limbah tinja sembarangan dan viral di media sosial.

Diketahui kejadian tersebut terjadi di daerah Cawang, Jakarta Timur. Yogi mengatakan pihaknya sudah mengidentifikasi truk tinja yang membuang limbah sembarangan tersebut melalui nomor polisi yang tertera dalam video viral tersebut.

"Kita kejar perusahaanya dan sopirnya, kita mau tangkap kendaraannya," ungkapnya.(OL-5)

Baca Juga

Dok. Pemkab Tangerang

Kendalikan Inflasi Jelang Nataru, Pemkab Tangerang Gelar Rapat TPID

👤Mediaindonesia.com 🕔Rabu 07 Desember 2022, 17:00 WIB
Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat pada Setda Kabupaten Tangerang, Yani Sutisna mengatakan, rapat itu juga dilakukan untuk...
MI/BARRY F

Pemprov DKI Akan Gelar Pesta Tahun Baru 2023, Heru: Sudah Disiapkan Disparekraf

👤Mohamad Farhan Zhuhri 🕔Rabu 07 Desember 2022, 16:24 WIB
Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta Heru mengungkapkan pesta tahun baru ini tengah disiapkan oleh Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif...
dok.Ant

Nataru, Polres Bogor Siagakan 1.200 Personel dan Skenario Lalin

👤Dede Susianti 🕔Rabu 07 Desember 2022, 15:36 WIB
Jajaran Kepolisian Resor Bogor sudah mempersiapkan sejumlah skema pengamanan dan skenario rekayasa arus lalu lintas terkait perayaan Natal...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya