Jumat 10 Juli 2015, 00:00 WIB

Jakarta Berbenah saat Ditinggal Mudik

Put/J-3 | Megapolitan
Jakarta Berbenah saat Ditinggal Mudik

MI/PANCA SYURKANI

 
GUBERNUR DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok mewajibkan setiap lurah, camat, hingga jajaran Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) untuk mengawasi sekaligus membenahi wilayah masing-masing saat warga Ibu Kota mudik ke kampung halaman.

"Kita harap RT, RW, lurah, camat, SKPD sampai ke suku dinas itu awasi dan benahi apa yang harus dibenahi selama musim mudik ini. Jakarta akan sepi dan itu akan lebih memudahkan Anda semua untuk bekerja. Taman semua harus hijau, trotoar, jalan berlubang semuanya harus beres. Saya akan pantau juga," kata Ahok saat acara Apel Siaga Mudik dan Arus Balik DKI Jakarta di lapangan IRTI, Monumen Nasional (Monas), Jakarta Pusat, kemarin.

Ahok pun berharap para perangkat daerah tersebut terus memantau lingkungan mereka melalui aplikasi Cropp dan Qlue serta situs informasi Jakarta Smart City.

Menurut Ahok, pemanfaatan teknologi yang telah ada harus dilakukan untuk mengawasi Ibu Kota yang sangat padat dan permasalahan yang tinggi.

Mantan Bupati Belitung Timur itu menambahkan fasilitas keamanan serta kesehatan seperti puskesmas dan rumah sakit tipe D di kecamatan harus tetap buka selama masa libur Lebaran.

Hal itu untuk menjamin kesehatan dan keamanan warga tetap dapat dijaga dinas kesehatan.

Tak hanya itu, Ahok pun mengancam akan mengevaluasi dan menstafkan lurah dan camat yang membiarkan fasilitas umum tersebut tidak melayani warga dengan baik selama libur Lebaran.

Kapolda Metro Jaya Irjen Tito Karnavian yang turut hadir dalam kesempatan yang sama mengatakan pihaknya telah menyiagakan 6.642 personel khusus untuk mengamankan Hari Raya Idul Fitri.

Pengamanan yang dibentuk dalam Operasi Ketupat itu telah disiagakan sejak 10 Juli hingga 25 Juli nanti.

Para personel kepolisian disiagakan di titik-titik yang mulai ramai didatangi warga menjelang hari raya, yakni pasar baik pasar tradisional maupun pasar grosir, prasarana transportasi seperti terminal dan stasiun, serta pelabuhan.

"Ini sudah menjadi ritual mudik. Maka kami juga sudah menyiapkan langkah-langkah untuk pengamanan," kata Tito.

Baca Juga

MI/Selamat Saragih

Terpilih Jadi Ketua DPD Partai Demokrat Jakarta, Mujiyono, Siap Kerja Cerdas

👤Selamat Saragih 🕔Kamis 27 Januari 2022, 16:55 WIB
Penetapan Mujiyono sebagai Ketua DPD Partai Demokrat DKI Jakarta periode 2021-2026 itu setelah melewati Musyawarah Daerah (Musda) V pada...
Antara/Aprillio Akbar.

Formula E Jakarta Digelar pada 4 Juni

👤Insi Nantika Jelita 🕔Kamis 27 Januari 2022, 16:17 WIB
IMI mengaku telah menyiapkan sirkuit untuk event Formula E di Jakarta, yakni Ancol Jakarta...
medcom.id

Polisi Bantah Karyawan Pinjol Ilegal di PIK Anak di Bawah Umur

👤Rahmatul Fajri 🕔Kamis 27 Januari 2022, 15:47 WIB
"Masalah anak di bawah umur tidak ada. Jadi semua yang kami amankan semalam sudah...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya