Rabu 02 November 2022, 19:35 WIB

Belasan Ribu Parasetamol Drop Ditarik dari Seluruh Puskesmas Tangerang

Pahrul Roji (MGN), Narendra Wisnu Karisma (SB) | Megapolitan
Belasan Ribu Parasetamol Drop Ditarik dari Seluruh Puskesmas Tangerang

MGN/Pahrul Roji
Belasan Ribu Parasetamol Drop Ditarik dari Seluruh Puskesmas Tangerang

 

DINAS Kesehatan Kabupaten Tangerang, Banten, menarik belasan ribu botol paracetamol drop dari seluruh puskesmas. Hal ini menindaklanjuti temuan terbaru Badan Pengawas Obat dan Makanan (POM) terkait adanya zat kimia berbahaya di obat sirop penurun panas untuk bayi dan anak produksi PT Afi Farma.

"Hari ini kita ada tarik paracetamol drop dari 44 puskesmas di Tangerang sesuai arahan Badan POM kemarin yang menyatakan obat sirup itu mengandung etilen glikol dan dietilen glikol," ujar Kepala UPT Instalasi Farmasi Kabupaten Tangerang, Dwi Wijayanti, Rabu (2/11/2022).

Menurut Dwi, ada sebanyak 12 ribu paracetamol drop produksi PT Afi Farma yang ditarik dan kini disimpan di Instalasi Farmasi Cikupa, Kabupaten Tangerang.

"Kita baru pakai satu produsen, Afi Farma. Data kami, jumlah yang sudah didistribusikan ke puskesmas ada 12 ribu botol, kita tarik semua. Sementara yang masih tersimpan di gudang farmasi ada 6 ribu botol jadi total ada 18 ribu," terangnya.

Seluruh obat sirop paracetamol drop ini rencananya akan dikembalikan ke Afi Farma Pharmaceutical Industries.

Sebelumnya pada Selasa (31/11) lalu, Badan POM mengaku menemukan obat baru yang terindikasi mengandung cairan etilen glikol (EG), dietilen glikol (DEG), dan etilen glikol butil ether (EGBE). Obat itu berupa paracetamol drop dan paracetamol sirop rasa peppermint buatan PT Afi Farma yang mengandung cairan kimia berbahaya melebihi ambang batas.

Badan POM menyebut ada tujuh produksi Afi Farma yang mengandung EG dan DEG melebihi ambang batas, sehingga bisa mengganggu kesehatan masyarakat, terutama apabila dikonsumsi oleh anak-anak. (Ren/A-3)

Baca Juga

Dok MI

Polisi Buru Pembuang Bayi di Jembatan Cengkareng

👤Rahmatul Fajri 🕔Senin 28 November 2022, 20:59 WIB
Kondis bayi masihi hidup saat ditemukan di pinggir jembatan kawasan Rawa Buaya, Cengkareng,...
Mi/Ramdani

Pemkot Tangsel dan Forkopimda Musnahkan Ribuan Botol Miras

👤Syarief Oebaidillah 🕔Senin 28 November 2022, 20:32 WIB
Wali Kota Tangsel Benyamin Davnie mengatakan, Tangerang Selatan mempunyai Peraturan Daerah (Perda) tentang minuman keras atau...
Dok. Bank DKI

Bank DKI Raih Tiga Penghargaan Sekaligus Dalam Top 20 Financial Institution Award 2022

👤Mohamad Farhan Zhuhri 🕔Senin 28 November 2022, 18:39 WIB
Ia menambahkan, penghargaan yang diraih berkat dukungan Pemprov DKI Jakarta sebagai pemegang saham, mitra kerja, serta kepercayaan...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya