Senin 31 Oktober 2022, 19:59 WIB

Polisi Minta EO Konser Musik tak Hanya Kejar Keuntungan

Rahmatul Fajri | Megapolitan
Polisi Minta EO Konser Musik tak Hanya Kejar Keuntungan

Dok MI/Joan Imanuella Hanna Pangemanan.
Festival Musik Berdendang Bergoyang.

 

POLISI meminta event organizer (EO) atau penyelenggara acara konser musik untuk tidak hanya mengejar keuntungan. Keselamatan manusia atau penonton menjadi perhatian utama. Hal tersebut berkaca dari kericuhan saat festival musik Berdendang Bergoyang di Istora Senayan yang disesaki penonton hingga ada yang pingsan dan mengalami luka lecet.

Kapolres Jakarta Pusat Kombes Komarudin mengatakan EO yang menyelenggarakan konser musik harus memperhitungkan mulai dari perizinan, hingga yang paling penting ialah faktor keselamatan penonton. Ia mengatakan jika hal tersebut diperhitungkan dan di lapangan dilaksanakan sesuai prosedur, maka kepolisian akan memberikan izin. 

Baca juga: Anak Jalanan usia 10-19 tahun di Jakpus Dapat Belajar Gratis

Namun demikian, jika terjadi hal yang membahayakan keselamatan penonton dan ada prosedur yang dilanggar, maka polisi akan menindak dengan tegas.

"Kalau ada satu hal yang dilanggar, maka kami tidak segan untuk menindak tegas menghentikan setiap kegiatan yang kami anggap tidak sesuai dengan ketentuan," kata Komarudin, ketika dihubungi, Senin (31/10).

Selain itu, Komarudin juga meminta EO untuk tidak memikirkan faktor keuntungan semata. Ia mengatakan jangan sampai dengan mengejar keuntungan dan membawa ribuan penonton, tetapi berujung pada korban jiwa.

"Ini juga penekanan untuk EO silakan sekiranya ingin buat kegiatan ya harus diperhitungkan secara matang, tidak hanya dari faktor keuntungan dan dari ramainya acara tapi justru mengabaikan faktor keselamatan masyarakat," katanya. (OL-6)

Baca Juga

MI/RAMDANI

Viral Ribuan Ikan Meloncat ke Daratan di Pantai Marina Ancol

👤Rahmatul Fajri 🕔Rabu 30 November 2022, 19:59 WIB
Dari video yang dihimpun, tampak video menampilkan ikan-ikan yang melompat daratan. Ribuan ikan itu kemudian diambil oleh warga...
Antara

Sama-sama Tolak UMP DKI 2023: Buruh Bilang Kurang, Pengusaha Sebaliknya

👤Selamat Saragih 🕔Rabu 30 November 2022, 19:04 WIB
Penetapan Pemprov DKI soal nominal UMP ini jadi pemicu kedua pihak kompak sama-sama menolak dan menuntut nominal UMP baru senilai Rp4,9...
John Moore/Getty Images/AFP

Polda Metro Ungkap Sabu Likuid dari Iran

👤Rahmatul Fajri 🕔Rabu 30 November 2022, 18:55 WIB
Polda Metro Jaya mengungkap likuid yang berbahan methamphetamine atau sabu-sabu. Ia mengatakan likuid berbahan sabu tersebut tergolong baru...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya