Selasa 07 Juli 2015, 00:00 WIB

Pengendara Roda Dua Dibuat Sempoyongan

Nelly Marlianti/J-3 | Megapolitan
Pengendara Roda Dua Dibuat Sempoyongan

MI/ARYA MANGGALA

 
BILA melewati Jalan Galunggung di kawasan Setiabudi, Jakarta Selatan, Anda patut waspada dan berhati-hati. Di jalan tersebut banyak pengendara motor sering kali sempoyongan saat melintas, kemudian terjatuh. Mereka bukannya mabuk, melainkan kondisi jalan yang membuat terjatuh.

Bagi pengendara yang tidak terbiasa melewati jalan yang menghubungkan kawasan Sudirman, Jakarta Pusat, dengan Manggarai, Jakarta Selatan, itu memang menjadi jebakan maut. Lubang-lubang halus yang berukuran sekitar 2 cm terlihat bukan masalah. Saat melaluinya, apalagi dengan kecepatan di atas 50 kilometer/jam, Anda bakal terguncang seperti naik perahu diterpa ombak. Apalagi, lubang yang menyerupai gelombang tersebut tersebar di sepanjang underpass Sudirman hingga persimpangan yang mengarah ke Jalan Latuharhari, Jakarta Pusat.

Selain itu, jalan tersebut tampak berundak-undak karena aspal jalan yang tidak rata. Kondisi semacam ini bahkan diperparah dengan lampu penerangan jalan yang minim. Di sana hanya ada 5-8 lampu penerangan saja. Padahal, panjang ruas jalan itu sekitar 50 kilometer. Apalagi, kondisi di sekitar jalan tersebut sangat sepi. Tak satu pun ada pedagang ataupun masyarakat yang tinggal di wilayah tersebut. Jalan tersebut hanya diapit dua waduk pengendali banjir.

Salah satu pengendara yang setiap harinya menggunakan Jalan Galunggung ialah Rafki Darma, 29. Dia yang hampir setiap hari melalui rute itu menuturkan harus ekstra hati-hati jika melewati jalan tersebut. Menurutnya, saat dilihat mata, memang jalan tersebut hanya mengalami kerusakan kecil. Barulah setelah melintasinya dengan sepeda motor akan terasa sekali jalan tersebut bergelombang.

"Kalau menggunakan sepeda motor seperti saya, terasa sekali jalan ini jelek banget. Apalagi saya suka ngebut apabila telat ke kantor itu makin terasa sekali guncangannya," ujarnya.

Menurut Rafki, selama dirinya melewati jalan tersebut, sudah lebih dari lima kali dia melihat pengendara motor yang jatuh tersungkur di sana. Sebelumnya, pengendara tersebut kehilangan keseimbangan akibat jalan yang bergelombang. Pengendara harus menghafal titik jalan berlubang dan jalan yang berundak-undak karena coran yang tidak rata sehingga pengendara harus terus waspada.

"Terakhir saya liat dua orang pas saya pergi dan pulang kerja jatuh tersungkur setelah melewati lubang. Kejadiannya tepat berada di belakang saya. Saya lihat pengendara itu ngebut dan kena jebakan jalanan yang tidak rata ini. Dia oleng ke kanan dan ke kiri, hilang keseimbangan, dan akhirnya terjatuh," jelas Rafki.

Dirinya juga mengkhawatirkan keselamatannya apabila pulang malam. Kawasan jalan Galungung itu sangat sepi sehingga biasanya dia selalu ngebut di jam malam. Namun, karena sudah terbiasa melalui jalan itu, dia hafal sehingga bisa menghindar dari lubang-lubang halus. Yang dikawatirkan ialah mereka yang jarang melalui rute tersebut.

Dari pantuan di lapangan, kerap terlihat pengendara roda dua yang ngebut dan terkejut saat melintasi jalan tersebut. Beberapa kali terlihat pengendara yang kehilangan keseimbangan, tapi beruntung tidak terjatuh.

Baca Juga

dok.humas

Pengembangan Desa Wisata Kertarahayu Bekasi Diapresiasi Dirjen Bina Pemdes

👤mediaindonesia.com 🕔Minggu 23 Januari 2022, 21:39 WIB
DESA wisata Kertarahayu mulai dikembangkan pada tahun 2021, diapresiasi  lantaran mampu menerapkan praktik pengembangan pariwisata...
Antara

Gedung Pemerintah di Jakarta Disewakan untuk Bangun IKN 

👤Despian Nurhidayat 🕔Minggu 23 Januari 2022, 21:09 WIB
"Jadi gedung pemerintah di Jakarta dikomersialkan, disewakan jangka panjang dan uangnya dipakai untuk di sana," ungkapnya kepada...
MI/Andri Widiyanto

Mulai Besok, Rute TransJakarta Ciputat-Tosari Kembali Beroperasi 

👤Selamat Saragih 🕔Minggu 23 Januari 2022, 21:00 WIB
Dia menambahkan, kebijakan ini juga berdasarkan evaluasi yang dilakukan dari kebutuhan dan permintaan pelanggan yang banyak...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya