Rabu 29 Juni 2022, 14:56 WIB

Dukcapil Jemput Bola Ubah KTP Warga Terdampak Perubahan Nama Jalan

Dody Soebagio (MGN), Narendra Wisnu Karisma (SB) | Megapolitan
Dukcapil Jemput Bola Ubah KTP Warga Terdampak Perubahan Nama Jalan

MGN/Dody Soebagio
Antusiasme warga sangat tinggi dalam merespons layanan jemput bola ini.

 

DINAS Kependudukan dan Catatan Sipil (Dukcapil) DKI Jakarta mendatangi warga di kawasan Warung Buncit, Pancoran, untuk mempercepat proses perubahan kartu identitas usai Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengubah nama Jalan Warung Buncit Raya menjadi Jalan Hj. Tutty Alawiyah.

Kepala Dinas Dukcapil DKI Jakarta Budi Awaluddin mengatakan, antusiasme warga sangat tinggi dalam merespons layanan jemput bola ini. Total ada sekitar 600 kepala keluarga yang terdampak perubahan nama jalan di Jakarta Selatan.

"Antusiasme masyarakat luar biasa, mereka sangat berterima kasih karena diberikan kemudahan dalam mengganti dokumen kependudukan," ujar Budi, Rabu (29/6/2022).

Budi menyebut tidak ada persyaratan khusus bagi warga terdampak yang ingin mengubah data kependudukan. Masyarakat cukup menyerahkan Kartu Keluarga dan KTP yang lama.

Budi menegaskan kegiatan jemput bola ini akan dilakukan secara bergilir hingga tuntas. Bagi warga yang tidak bisa hadir ke lokasi, petugas dari dukcapil akan langsung mendatangi rumah masing-masing yang terdampak.

"Hari ini pelayanan kita buka dari pukul 09.00 - 12.00 WIB, besok juga masih di lokasi yang sama dan akan bergilir hingga tuntas. Bagi masyarakat yang tidak bisa datang ke sini, kita akan langsung cetak dokumennya dan langsung memberikan door to door ke masyarakat," tutur Budi.

Dalam kesempatan ini, Budi juga mempersilakan bagi warga Jakarta Selatan yang ingin mengurus data kependudukan yang lain, seperti akta kelahiran, kartu identitas anak-anak, hingga kartu kematian.

Sementara itu, salah satu warga Warung Buncit, Bahrudin menilai pelayanan ini sangat membantu tetapi ingin ke depannya bisa lebih teratur dengan menggunakan nomor antrean.

"Pelayanan ini bagus ya, hanya kalau boleh kasih usul, ke depannya warga yang datang bisa diberi nomor antrean, agar tidak berebut untuk segera dilayani. Pelayanan Kartu Keluarga dan akta juga sebaiknya tidak dalam satu antrian. Tapi secara keseluruhan saya sangat terbantu," ujarnya.

Gubernur DKI mengubah empat nama jalan di Jakarta Selatan yang ada di Kecamatan Jagakarsa, Pasar Minggu, dan Pancoran. Adapun empat nama jalan yang telah diubah sesuai peraturan gubernur, di antaranya Jalan bantaran Setu Babakan sisi barat diubah menjadi H. Rohim Sa'ih, bantaran sisi timur Setu Babakan menjadi nama KH. Ahmad Suhaimi, Jalan Raya Pasar Minggu sisi Utara menjadi KH. Guru Amin dan Jalan Warung Buncit Raya menjadi Hj. Tutty Alawiyah. (Ren/A-3)

Baca Juga

Ist

PAM Jaya danĀ Gerakan Ciliwung Bersih Kolaborasi dalam Pelestarian Sungai Ciliwung

👤mediaindonesia.com 🕔Jumat 19 Agustus 2022, 22:02 WIB
PAM Jaya akan terus mendukung serta bekerja sama dengan Gerakan Ciliwung Bersih (GCB) dalam upaya-upaya pelestarian Sungai...
ANTARA FOTO/Maulana Surya

Pembunuh Hewan Punya Indikasi Jadi Pembunuh Sesama Manusia

👤Dinda Shabrina 🕔Jumat 19 Agustus 2022, 20:25 WIB
Davina mengecam tindakan itu dan meminta agar pelaku dapat dihukum untuk memberikan efek...
Dok. BPC HIPMI Kepualaun Seribu

BPC HIPMI Kepulauan Seribu Kawal Proyek Strategis Nasional Pariwisata

👤Mediaindonesia.com 🕔Jumat 19 Agustus 2022, 19:19 WIB
Perekonomian Kepulauan Seribu disebut telah pulih di atas 50-60 persen dibandingkan sebelum...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya