Senin 16 Mei 2022, 12:12 WIB

Kota Depok Diterjang Angin Puting Beliung, 51 Rumah Rusak

Kisar Rajaguguk | Megapolitan
Kota Depok Diterjang Angin Puting Beliung, 51 Rumah Rusak

Ilustrasi
puting beliung

 

SEPEKAN usai libur lebaran, Kota Depok dihantam angin puting beliung. Puluhan tempat tinggal serta tempat usaha rusak parah. Selain rumah dan tempat usaha, ratusan pohon pelindung di jalan raya juga tumbang. Peristiwa terparah terjadi di Kecamatan Sawangan dan Kecamatan Pancoran Mas.

Di Kecamatan Sawangan, sekitar 49 rumah serta tempat usaha rusak parah. Tembok, genteng dan plafon hancur hingga berjatuhan ke tanah.

Selain puluhan rumah, ratusan tanaman pohon besar, sedang, dan kecil di dua kecamatan itu tumbang hingga menimpa tiang dan kabel listrik/telpon. Ratusan pohon tumbang tersebut juga mengganggu arus lalu lintas serta tanam-tanaman kebun milik petani luluh lantak.

Di Kecamatan Pancoran Mas, angin puting beliung juga merusak 11 tempat tinggal serta merobohkan reklame raksasa dan ratusan pohon penghijauan yang tumbuh di jalan raya.

Dua mobil yang tengah melintas di jalan raya Parung Bingung, Kelurahan Rangkapan Jaya, Kecamatan Pancoran Mas, ringsek tertimpa pohon besar. Beruntung pengemudi mobil yang salah satunya bernama Lukman berhasil diselamatkan oleh personel penyelamatan Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan (PKP) Kota Depok. Personel PKP juga mengevakuasi seekor ular sanca tak jauh dari lokasi itu.

Baca juga: Puluhan Rumah di Musi Rawas Rusak Diterjang Puting Beliung

Selain dua mobil ringsek dan ular sanca, pihak PKP mengevakuasi 10 lebih warga yang rumahnya hancur tertimpa pohon besar di Jalan Pramuka 2 Kelurahan Mampang, Kecamatan Pancoran Mas dan Jalan H. Kimah RT 003 RW 01 Kelurahan Rangkapan Jaya Baru, Kecamatan Pancoran Mas.

Lalu di jalan H. Sulaiman, Kelurahan Bedahan, Kecamatan Sawangan, di Perumahan GSR RT 002 RW 03, Kelurahan Bedahan, Kecamatan Sawangan, dan di Perumahan Diamond Valley, Kelurahan Bedahan, Kecamatan Sawangan.

Kepala Bidang Operasional Dinas PKP Kota Depok Welman Naipos-pos mengatakan peristiwa angin puting beliung yang melanda Kecamatan Pancoran Mas dan Kecamatan Sawangan terjadi sepekan setelah libur panjang lebaran. Tepatnya Senin (16/5) dini hari pukul 01.00 WIB. Libur panjang lebaran 29 April-8 Mei 2022.

Menurut Welman, sebelum angin puting beliung melanda Kecamatan Sawangan dan Pancoran Mas terjadi hujan deras disertai petir dan kilat.

"Sebelumnya turun dulu hujan disertai petir dan kilat yang terus menerus Minggu (15/5) sore. Tiba-tiba dini hari mendadak muncul angin puting beliung, " ungkap Welman Senin (16/5) pagi.

Angin puting beliung itu memporak porandakan puluhan tempat tinggal dan tempat usaha. Juga ratusan pohon dan tanaman kebun.

"Di Kecamatan Sawangan dan Pancoran Mas, puluhan rumah dan tempat usaha hancur, dan ratusan pohon pelindung roboh menimpa kabel listrik, telpon dan mobil," pungkasnya.(OL-5)

Baca Juga

ANTARA

Pemprov DKI Akan Evaluasi Kerja Sama Dengan ACT

👤Selamat Saragih 🕔Senin 04 Juli 2022, 22:36 WIB
PEMERINTAH Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta akan mengevaluasi kerja sama dengan lembaga filantropi Aksi Cepat Tanggap...
Antara

Enam Saksi Diperiksa Terkait Jebolnya Tandon Air LRT

👤Rahmatul Fajri 🕔Senin 04 Juli 2022, 20:19 WIB
Sebelumnya, sebuah video viral di media sosial menampilkan jebolnya tandon LRT pada Selasa, 28 Juni...
MI/ANDRI WIDIYANTO

Tersangka Pencabulan Santriwati di Depok Belum Ditahan

👤Rahmatul Fajri 🕔Senin 04 Juli 2022, 19:59 WIB
Penyidik baru saja menaikan status kasus tersebut dari tahap penyelidikan ke penyidikan dan menetapkan empat orang sebagai...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya