Kamis 02 Desember 2021, 14:13 WIB

Pembangunan Sumur Resapan Dihentikan, Wagub DKI: Utamakan Program Prioritas

Putri Anisa Yuliani | Megapolitan
Pembangunan Sumur Resapan Dihentikan, Wagub DKI: Utamakan Program Prioritas

MI/Andri Widiyanto
Kendaraan melintas dekat sumur resapan di jalan Lebak Bulus III, Jakarta Selatan, Kamis (2/12/2021).

 

ANGGARAN pembangunan sumur resapan yang diusulkan dilakukan tahun depan sebesar Rp122 miliar telah dicoret oleh DPRD DKI Jakarta sehingga tahun depan tak ada lagi pembangunan sumur resapan yang akan dilakukan oleh SKPD. 

Namun demikian, Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria atau yang akrab disapa Ariza mengungkapkan, Pemprov DKI Jakarta masih memiliki program pengendalian banjir lainnya seperti melalui pembangunan waduk, normalisasi sungai, dan saluran air.

Baca juga: Wacana Hukuman Mati hanya 'Gimmick' Tutupi Melorotnya Pemberantasan Korupsi

"Jadi banyak sekali, silakan saja. Saya kira teman-teman sudah koordinasi dengan teman-teman DPRD, dari dinas mana program yang jadi prioritas, disepakati bersama. Bagi kami apa yang disepakati itu yang dikerjakan. Ada tidaknya program sumur resapan tahun depan itu sudah sesuai dengan kesepakatan dan anggaran yang ada," kata Ariza di Balai Kota, Rabu (1/12) malam.

Di sisi lain, ia menegaskan pembangunan sumur resapan tahun ini tetap akan berjalan. Masih ada anggaran yang tersisa dari program pembangunan sumur resapan tahun ini.

"Iya tahun ini kan masih jalan. Kan anggarannya sudah ada, sudah ada, sudah ditenderkan pakai e-katalog, sudah ditunjuk, tinggal proses pelaksanaan, Penyedia kan sedang melaksanakan sampai akhir selesai," tukasnya. 

Sebelumnya, DPRD DKI Jakarta dalam pembahasan Rancangan APBD 2022 telah menghapus seluruh anggaran pembangunan sumur resapan yang diusulkan oleh Dinas Sumber Daya Air (SDA) DKI senilai Rp122 miliar. Anggaran yang diusulkan sebenarnya mencapai Rp322 miliar pada Kebijakan Umum Anggaran dan Plafon Prioritas Anggaran Sementara (KUAPPAS) 2022. Nilainya kemudian dikurangi menjadi Rp122 miliar dan masuk dalam Rancangan APBD 2022.

Belakangan, dalam rapat Badan Anggaran yang membahas RAPBD 2022 tersebut, anggaran sumur resapan dihapus seluruhnya karena dinilai tak efektif mengurangi genangan. (Put/A-3)

Baca Juga

DOK.MI

Pria tanpa Identitas Tewas Tertabrak Kereta Api di Jaktim

👤mediaindonesia.com 🕔Selasa 16 Agustus 2022, 16:00 WIB
Korban sudah diteriaki oleh warga untuk tidak melintas karena ada kereta lewat. Namun, teriakan warga itu tidak didengar oleh...
ANTARA

Monas Tutup Guna Persiapan HUT ke-77 RI

👤Khoerun Nadif Rahmat 🕔Selasa 16 Agustus 2022, 14:40 WIB
Penutupan ini dilakukan guna sterilisasi dalam mempersiapkan acara Kirab Bendera yang diakan oleh Istana...
ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay

Pengungkapan Kasus Brigadir J Bukti Kapolri Bekerja Objektif

👤Mediaindonesia 🕔Selasa 16 Agustus 2022, 13:22 WIB
Polri harus mengusut tuntas kasus pembunuhan yang telah menjerat mantan Kadiv Propam Irjen Ferdy Sambo sebagai tersangka. Setelah itu Polri...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya