Rabu 01 Desember 2021, 08:20 WIB

Hipmi Jaya Dukung Perempuan Pimpin Organisasi

Mediaindonesia.com | Megapolitan
Hipmi Jaya Dukung Perempuan Pimpin Organisasi

DOK Pribadi.
Rika Amelia Rush menjadi salah satu calon ketua dari kaum perempuan yang maju untuk menjadi kandidat ketua BPD Hipmi Jakarta Barat.

 

KETUA Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (Hipmi) DKI Jakarta Sona Maesana menilai kepemimpinan perempuan sangat dibutuhkan dalam kemajuan di berbagai bidang. Menurut dia, peran perempuan saat ini sudah dipertimbangkan untuk memegang posisi strategi di berbagai sektor.

"Di beberapa perusahaan, pemerintah, dan beberapa lembaga organisasi sudah mulai menerapkan minimum 30% posisi ditempati oleh perempuan. Perempuan sangat penting dan berpengaruh dalam kepengurusan," ujar Sona dalam keterangan resmi, Rabu (1/11). Sona menyampaikan hal tersebut saat menghadiri acara debat calon ketua umum BPC Hipmi se-DKI Jakarta Raya periode 2021-2024 di Jakarta Selatan, Selasa (30/11).

Dalam acara itu, Rika Amelia Rush menjadi salah satu calon ketua dari kaum perempuan yang maju untuk menjadi kandidat ketua BPD Hipmi Jakarta Barat. Sona lebih lanjut mengatakan melihat fenomena pentingnya peran perempuan itu, Hipmi juga perlu melenggangkan peran perempuan dalam badan organisasi.

"Di kalangan masyarakat pun berbicara UMKM banyak pelaku usahanya ialah perempuan. Ini karena perempuan, selain punya tanggung jawab berumah tangga, mereka juga mampu melakukan aktivitas bisnis dari rumah," beber Sona.

Ia menyebut perkembangan era digitalisasi membuat pengusaha perempuan lebih kreatif dan terekspose. "Maka itu kami Hipmi Jaya juga ingin terus mendorong lahirnya dan banyaknya pengusaha wanita yang bergabung di Hipmi Jaya sebagai bukti bahwa jumlah member pengusaha perempuan meningkat bahkan di posisi-posisi strategis," ungkap Ketua OKK itu.

Ketua panitia seleksi pemilihan ketua umum BPC Hipmi di lima wilayah DKI Jakarta Raya, Harizah Persiana Mangkunegara mengatakan peran perempuan sangat dibutuhkan. "Perempuan kan biasanya multitasking. Biasanya dengan menjabat di organisasi bisa lebih prepare," ujarnya.

Ketua OKK BPD Hipmi Jaya itu menyambut baik adanya calon perempuan pada bursa ketua umum BPC. "Harapannya semoga ruang dan sinergi bagi teman-teman perempuan bisa lebih besar dengan caketum perempuan sekarang," beber dia.

Harizah menyebut dari 17 calon ketua umum BPC ada satu-satunya kader perempuan yang maju menjadi ketua umum BPC berasal dari wilayah Jakarta Barat. "Dan ini baru pertama kali. Selama tiga kali kita sudah ada pemimpin, tiga periode kepemimpinan BPC ialah laki-laki. Nah tahun ini ada satu perempuan," ujar dia.

Jelang Musyawarah Cabang (Muscab) Badan Pengurus Cabang (BPC) Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (Hipmi) Jakarta Barat periode 2021-2024, sejumlah nama calon ketua umum mulai bermunculan. Salah satu nama yang diunggulkan dan terdengar untuk maju dalam bursa pemilihan calon Ketua Umum Hipmi Jakarta Barat ialah Rika Amelia Rush.

Rika menjadi calon wanita pertama dan ikut pada kontestasi ini. Ia adalah seorang insinyur yang memiliki bisnis di antaranya sebagai pemilik dan executive producer perusahaan produksi film dan advertising Making Name Studio, manajemen consulting, supplier, dan konstruksi pada pengembangan renewable energy (energi baru terbarukan) yang menekankan pada model bisnis teknologi yang inovatif sebagai solusi utama. (OL-14)

Baca Juga

Setwapres

Wapres Apresiasi Peningkatan Layanan Publik di Banten

👤Ant 🕔Kamis 20 Januari 2022, 22:26 WIB
Masih menurut Wapres, sebagai lrovinsi yang paling dekat dengan Jakarta, posisi Banten menjadi...
MI/ANDRI WIDIYANTO

PDI Perjuangan Sebut Program Penanganan Banjir Anies Gagal Total

👤Mediaindonesia 🕔Kamis 20 Januari 2022, 20:43 WIB
Hardiyanto Kenneth secara terbuka meminta maaf kepada warga Jakarta, khususnya korban banjir akibat hujan deras pada Selasa (18/1) di...
dok.ist

Peradi Tower Bakal Hadir di Sudut Jakarta

👤mediaindonesia.com 🕔Kamis 20 Januari 2022, 19:15 WIB
DEWAN Pimpinan Nasional Peradi memiliki gedung baru lantai tujuh yang akan digunakan sebagai kantor sekretariat...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya