Rabu 03 November 2021, 13:17 WIB

Tilang Uji Emisi Kendaraan 13 November, Polisi: Opsi Terakhir

Hilda Julaika | Megapolitan
Tilang Uji Emisi Kendaraan 13 November, Polisi: Opsi Terakhir

Antara
Ilustrasi

 

Pemprov DKI Jakarta bakal menerapkan sanksi tilang bagi kendaraan yang belum lulus uji emisi mulai 13 November 2021 mendatang. Kendati demikian, Polda Metro Jaya menilai sanksi tilang bakal jadi opsi terakhir.

Kasubdit Gakkum Ditlantas Polda Metro Jaya AKBP Argo Wiyono mengatakan pihaknya tidak akan langsung menerapkan sanksi tilang kepada kendaraan yang tidak lulus uji emisi di tahap awal. Akan tetapi dengan polisi melakukan sosialisasi dan teguran kepada pengendara yang kendaraannya tidak lulus uji emisi tersebut.

"Jadi sebetulnya sanksi ini kan ada berbagai macam ada tilang dan ada teguran. Jadi kalau kita lihat trennya kita lebih akan terapkan teguran dulu sebelum terapkan sanksi," kata Argo saat dikonfirmasi, Rabu (3/11).

Lebih lanjut dijelaskan, pihaknya menilai perlu ada sosialisasi yang digencarkan terlebih dahulu. Setelah itu, jika jumlah kendaraan di Jakarta sudah mencapai 50% baru dilakukan sanksi tilang.

"Nanti kalau sudah 50% atau lebih itu baru nanti kita akan tingkatkan ke tilang. Jadi jangan sampai nanti 10 yang diberhentikan 9 belum ada kartu uji. Intinya penindakan tilang ini adalah kelanjutan dari tahap sosialisasi, tahap teguran sampai tindakan tilang," rincinya.

Untuk diketahui, penindakan sanksi perihal kebijakan uji emisi ini diketahui mulai diterapkan pada Sabtu (13/11) bulan ini. Namun Argo memastikan penerapan tilang akan menjadi opsi paling akhir yang diambil petugas yang berjaga di lapangan. "Tapi itu (tilang) the last option. Kami akan maksimalkan dulu teguran," jelasnya.

Sebelumnya, Dinas Lingkungan Hidup DKI Jakarta telah mewajibkan kendaraan bermotor di Ibukota untuk melakukan uji emisi guna mengurangi polusi udara. Pada 13 November mendatang, kendaraan bermotor yang tidak lolos uji emisi bakal diberikan sanksi tilang. (OL-12)

Baca Juga

MI/VICKY GUSTIAWAN

Pemprov DKI Siapkan 160 UMKM Terbaik untuk Gelaran Formula E Jakarta

👤Hilda Julaika 🕔Senin 23 Mei 2022, 08:03 WIB
“Kita undang 160 UMKM terbaik untuk ikut kurasi dan akan disaring lagi menjadi 100 UMKM terbaik untuk bisa menjual produk mereka di...
Dok. Pribadi

Penunjukan Dani Ramdan Sebagai Penjabat Bupati Bekasi Dinilai Tepat

👤Mediaindonesia.com 🕔Minggu 22 Mei 2022, 22:58 WIB
Dani Ramdan dinilai punya rekam jejak yang baik dan diharapkan bisa memimpim Kabupaten Bekasi menuju perubahan...
MI/Ramdani

Mobil Balap Formula E Mulai Tiba di Jakarta

👤Putri Anisa Yuliani 🕔Minggu 22 Mei 2022, 14:40 WIB
Keseluruhan komponen mobil balap Formula E dikirim dari Doha, Qatar, karena para atlet baru selesai mengikuti ajang Formula E di...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya