Jumat 17 September 2021, 13:23 WIB

Kembangkan Kreativitas, Elemwe Bentuk Komunitas Tenun Jakarta

mediaindonesia.com | Megapolitan
Kembangkan Kreativitas, Elemwe Bentuk Komunitas Tenun Jakarta

Ist
Elemwe tengah mengembangkan kreativitasnya dengan membentuk komunitas tenun Jakarta.

 

SEBAGAIMANA diketahui, Elemwe adalah label fesyen yang fokus mengembangkan batik motif Budaya Betawi. Saat ini Elemwe tengah mengembangkan kreativitasnya dengan membentuk komunitas tenun Jakarta.

Komunitas tenun Jakarta resmi dibentuk pada tahun 2019 lalu. Sempat terhenti karena efek pandemi, kini founder Elemwe, Lily Mariasari, kembali aktif melakukan kegiatan pemberdayaan pengrajin di Komunitas Tenun Jakarta. 

"Tahun 2019 sudah dibentuk dan dibina Komunitas Tenun Jakarta namun karena pandemi terhenti. Sekarang sudah mulai aktif  kembali, dengan tujuan agar Jakarta punya pengrajin tenun yang dapat membuat motif-motif seni budaya Betawi. Sehingga masyarakat yang berada diseputaran Jakarta dapat mengetahui bahkan mempelajarinya," ujar Lily pada keterangan pers, Jumat (17/9). 

Pembinaan dilakukan kepada para wanita di rusun Jakarta dan terbuka untuk umum lainnya. Kegiatan ini terbuka untuk siapa saja yang ingin belajar dan berkreativitas. 

Komunitas Tenun nantinya diharapkan bisa menghasilkan kain Tenun khas Jakarta. Tidak hanya pembinaan dan pelatihan, Lily secara langsung melakukan study banding untuk mengetahui detail tentang tenun dan  mendatangkan pelatih tenun yang professional agar dapat  hasil sesuai dengan yng  diharapakan.  

Saat ini pengembangan pengrajin batik Betawi sudah berjalan dengan baik dan para pengrajin sudah mandiri tinggal arahkan saja.

"Saat ini Elemwe memilih untuk mulai mengembangkan tenun, karena kami ingin setiap daerah memiliki pengrajin tenun, dan salah satunya Jakarta juga punya dan bisa," tutur Lily. 

Motif tenun pertama yang dibuat para pengrajin dibuat adalah motif Monas, Penari dan Flora. 

Mengingat target pasar tenun yang cukup bagus di industri fesyen, Lily berharap Jakarta bisa semakin dikenal melalui hasil karya pengrajinnya. Selain melalui batik Betawi, motif tenun Betawi juga dapat diterima dan diperkenalkan ke pasar lokal dan internasional. (RO/OL-09)

Baca Juga

MI/Adam Dwi

Polda Metro Kembali Gelar Street Race pada Januari 2023 

👤Rahmatul Fajri 🕔Jumat 02 Desember 2022, 23:24 WIB
Diketahui, Polda Metro Jaya sudah lima kali menggelar ajang balap jalanan (street race), di mana kompetisi perdana berlangsung di Ancol...

Dua Kali Beraksi, Pencuri Spesialis Rumah Kosong di Depok Ditangkap

👤Kisar Rajagukguk 🕔Jumat 02 Desember 2022, 22:03 WIB
Pelaku melancarkan aksinya seorang diri. Bahkan, dalam semalam, ia menyatroni dua rumah kosong di lokasi yang...
dok.ist

Korban Investasi Bodong PAC Sambangi Bareskrim Tanyakan Tersangka

👤mediaindonesia.com 🕔Jumat 02 Desember 2022, 21:27 WIB
KUASA Hukum Heber Sihombing  beserta para korban penipuan investasi dana reksa PT Pan Arcadia Capital (PAC) menyambangi Bareskrim...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya