Minggu 22 Agustus 2021, 14:44 WIB

Wagub DKI Sebut Harga Tes PCR Bisa Merata dalam Waktu Dekat

Rahmatul Fajri | Megapolitan
Wagub DKI Sebut Harga Tes PCR Bisa Merata dalam Waktu Dekat

AFP
Ilustrasi

 

WAKIL Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria mengatakan saat ini belum semua penyedia fasilitas kesehatan belum menerapkan harga real time polymerase chain reaction (RT-PCR) sesuai instruksi dari Presiden Joko Widodo. 

Diketahui, Surat edaran Direktur Jenderal Pelayanan Kesehatan Kementerian Kesehatan menyebutkan tarif tertinggi pemeriksaan RT-PCR di luar Pulau Jawa dan Bali sebesar Rp525 ribu dan di wilayah Jawa-Bali Rp495 ribu. Itu lebih rendah daripada tarif pemeriksaan sebelumnya di kisaran Rp900 ribu sampai Rp1 juta.

Baca juga: Polisi Buka Opsi Perluasan Ganjil-Genap Jika PPKM Diperketat

Ariza, sapaan akrabnya, mengatakan pihaknya telah berusaha untuk menurunkan harga RT-PCR, tetapi memang belum merata di seluruh penyedia fasilitas kesehatan.

"Sesuai dengan perintah Pak Jokowi tes PCR di Jakarta sudah kita turunkan semaksimal mungkin. Memang masih bervariasi. Insyaallah dalam waktu dekat nanti akan capai titik yang sama," kata Ariza, di Jakarta, Minggu (22/8).

Ariza mengakui tidak bisa memaksa penyedia layanan kesehatan dari pihak swasta. Namun, pihaknya akan berusaha agar harga tes PCR bisa sesuai Surat edaran Direktur Jenderal Pelayanan Kesehatan Kementerian Kesehatan.

"Insyaallah dalam waktu dekat ini semua makin turun, semakin murah tes PCR semakin banyak nanti kita lakukan testing, tracing, dan treatment," kata Ariza.

Lebih lanjut, Ariza mengatakan sejauh ini belum ada sanksi bagi pihak yang belum menerapkan harga tes RT-PCR sesuai yang telah ditentukan. Ia mengatakan pihaknya fokus untuk memastikan harga tes RT-PCR bisa turun dalam waktu dekat.

"Belum (sanksi) sejauh itu. Kita bahasnya yang pasti kita pastikan harga PCR di Jakarta semurah mungkin supaya testing makin banyak bagi seluruh warga sehingga cepat kita identifikasi dan segera putus mata rantai penyebaran Covid-19 di Jakarta," ungkapnya. (OL-6)

Baca Juga

Antara

Bareskrim Polri Cekal Bos CV Samudra Chemical

👤Rahmatul Fajri 🕔Minggu 27 November 2022, 16:31 WIB
Pencekalan dilakukan setelah tersangka berinisial E masuk dalam Daftar Pencarian Orang (DPO). Sebelumnya, E ditetapkan sebagai tersangka...
Ist

Sambut Liburan Akhir Tahun, Cafe Le Bay Hadir di Batavia PIK

👤mediaindonesia.com 🕔Minggu 27 November 2022, 09:35 WIB
Le Bay merupakan sebuah kafe modern 4 lantai dengan konsep kreatif yang kuat bernuansa tepi pantai, sehingga menyatu dengan suasana...
dok.ist

Sahabat Sandi Kabupaten Tangerang Gelar Pasar Murah untuk Nelayan

👤mediaindonesia.com 🕔Minggu 27 November 2022, 07:52 WIB
RATUSAN voucher paket sembako murah digelontorkan kepada nelayan dan masyarakat sekitar oleh Sahabat Sandi Kabupaten Tangerang di Desa...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya