Rabu 16 Juni 2021, 20:43 WIB

Pemkot Jakpus Bantah Posko Covid Tingkat Kelurahan Sedikit

Putri Anisa Yuliani | Megapolitan
Pemkot Jakpus Bantah Posko Covid Tingkat Kelurahan Sedikit

Antara
Ilustrasi

 

WAKIL Walikota Jakarta Pusat Irwandi membantah data Satgas Penanganan Covid-19 yang menyebutkan pembentukan posko penanganan covid-19 di tiap kelurahan di Jakarta, salah satunya di Jakarta Pusat masih rendah karena kurang dari 50%.

Saat dihubungi Media Indonesia pada Rabu (16/6), Irwandi menjelaskan bahwa posko penanganan covid-19 telah dibentuk dari tingkat provinsi hingga ke tingkatan terkecil yakni RT dan RW.

"Otomatis kelurahan ada, kecamatan juga ada. Cuma kita saat ini memang justru lebih menggalakkan yang di tingkat warga, di RT dan RW ini," kata Irwandi.

Menurut dia, penggalakkan posko di tingkat RT dan RW dilakukan guna kembali meningkatkan kesadaran warga terhadap pentingnya protokol kesehatan. Dalam melakukan kebijakan ini, aparat RT RW dibantu oleh kader PKK hingga Babinkamtibmas dan Babinsa melalui program Kampung Tangguh Jaya dan Kampung Siaga Jaya.

"Kita posko di RT RW ada, posko PPKM. Banyak upaya yang sudah kita lakukan seperti penempelan stiker bagi yang mudik, sosialisasi dari gang ke gang supaya warga mau pakai masker kalau keluar rumah. Itu sudah kita lakukan," jelasnya.

Baca juga : Kasus Aktif di Jakarta Tembus 20 ribu Kasus

Irwandi melanjutkan, kesadaran protokol kesehatan warga selepas Lebaran memang mengendur. Hal ini seperti yang pernah terjadi pada Lebaran tahun lalu terutama di lingkungan padat penduduk seperti di Johar Baru, Kramat, dan lain-lain.

Perlu upaya yang sangat ekstra dan ketegasan agar masyarakat mau menjalankan 3M. Terlebih kasus covid-19 di Jakarta terus meningkat.

"Memang susah sih. Lurah, RT, dan RW itu sudah capek juga sebenarnya. Disanksi denda juga kita serba salah mereka kan lagi susah. Tapi kalau disanksi kerja sosial malah cengengesan saja. Kita sama-sama jenuh. Tapi kita tetap ingatkanlah," imbuhnya.

Sebelumnya, Satgas Penanganan Covid-19 menyoroti masih rendahnya pembentukan posko covid-19 di tingkat kelurahan di 15 daerah. Lima daerah di antaranya adalah lima kota administrasi di Jakarta. Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Prof. Wiko Adisasmito mengatakan, posko harusnya menjadi wadah koordinasi antar seluruh perangkat desa/kelurahan yang memiliki peran penting. Perannya, dalam menunjang pelaksanaan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Mikro dan meningkatkan kualitas penanganan covid-19 sehingga kasus dapat ditekan seminimal mungkin. (OL-2)

 

Baca Juga

Dok.SIG

SIG Turut Wujudkan Impian Pejalan Kaki Untuk Memiliki Trotoar Yang Ramah Dan Aman di Jakarta

👤Media Indonesia.com 🕔Selasa 04 Oktober 2022, 06:51 WIB
SIG turut berpartisipasi dalam kegiatan penataan trotoar di Jakarta dari tahun 2016 hingga saat...
Antara

Update 3 Oktober 2022: 384 Kasus Covid-19 Terdeteksi di DKI Jakarta

👤MGN 🕔Senin 03 Oktober 2022, 23:45 WIB
That figure is equivalent to 33.9 percent of the total cases...
Antara

Sahabat Polisi Laporkan Baim-Paula Soal Prank Laporan KDRT

👤Khoerun Nadif Rahmat 🕔Senin 03 Oktober 2022, 22:59 WIB
Menurut organisasi masyarakat tersebut, Baim Wong dan Paula Verhoven sebagai tokoh publik, seharusnya memberikan contoh dan...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya