Senin 14 Juni 2021, 15:50 WIB

Atasi Longsor di Kali Ciputat, PUPR Lakukan Penanganan Darurat

Hilda Julaika | Megapolitan
Atasi Longsor di Kali Ciputat, PUPR Lakukan Penanganan Darurat

MI/Andri Widiyanto
Petugas membuat tanggul sementara untuk menahan luapan air sungai di Tangerang Selatan.

 

KEMENTERIAN Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) melakukan penanganan darurat atas terjadinya longsor di Kali Ciputat, Kota Tangerang Selatan, Banten.

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono telah menginstruksikan seluruh Balai Kementerian PUPR di setiap provinsi untuk selalu siaga terhadap bencana alam, yang bisa terjadi sewaktu-waktu. Penanganan darurat telah dilakukan Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) Ciliwung Cisadane, dengan mengerahkan alat berat.

Seperti, excavator long arm untuk melakukan pengerukan material longsor. Berikut, pembuatan tanggul sementara menggunakan karung pasir untuk menghambat aliran air yang masuk ke permukiman warga.

Baca juga: Saluran di Ibu Kota Kewalahan Tampung Curah Hujan Ekstrem

Menurut Kepala BBWS Ciliwung-Cisadane Bambang Heri Mulyono, saat ini pengerukan timbunan longsor terus dilakukan. Adapun genangan air di permukiman warga sudah dapat mengalir kembali ke Kali Ciputat. BBWS Ciliwung Cisadane mengakui adanya kendala dalam penanganan longsor. 

Pasalnya, terdapat permukiman penduduk yang berdiri di sepanjang sempadan sungai. Berdasarkan Peraturan Menteri PUPR Nomor 28 Tahun 2015, seharusnya garis sempadan sungai di daerah perkotaan minimal 10 meter, tergantung dari kedalaman sungai.

Baca juga: Iluni FTUI: Normalisasi Sungai Paling Efektif Atasi Banjir DKI

“PUPR melalui BBWS Ciliwung Cisadane terus berkoordinasi dengan pemda dalam penanganan longsor Kali Ciputat. Termasuk, bantuan tambahan alat berat berupa excavator standart, dump truck, dan excavator breaker,” tutur Bambang dalam keterangannya, Senin (14/6).

Sebelumnya, hujan deras yang mengguyur wilayah Tangerang Selatan dan sekitarnya pada Jumat (11/6) lalu, mengakibatkan tebing di bibir Kali Ciputat yang berada di Perumahan Griya Satwika, Kelurahan Pisangan, mengalami longsor. Timbunan longsor menyumbat aliran Kali Ciputat, sehingga menyebabkan permukiman sekitar tergenang.(OL-11)

Baca Juga

ANTARA FOTO/Fauzan

Empat Terdakwa Kebakaran Lapas Klas I Tangerang Tidak Ajukan Eksepsi

👤Reporter: Pahrul Roji/ Penulis: NARENDRA WISNU KARISMA 🕔Selasa 25 Januari 2022, 20:30 WIB
Ketika ditanya oleh Hakim Ketua, Aji Suryo, terkait dakwaan JPU, keempat terdakwa yang merupakan petugas Lapas Kelas I Tangerang inipun...
MI/Andri Widiyanto

Kasus Omikron di Jakarta Terus Bertambah, Capai 1.697 Kasus

👤Putri Anisa Yuliani 🕔Selasa 25 Januari 2022, 20:24 WIB
"Perlu digarisbawahi bahwa 10.299 orang dari jumlah kasus aktif (84,4%) merupakan transmisi lokal, sedangkan sisanya adalah pelaku...
MI/VICKY GUSTIAWAN

Jika Gagal Nyapres, Anies Bisa Maju Lagi di Pilkada Jakarta 2024

👤Selamat Saragih 🕔Selasa 25 Januari 2022, 20:10 WIB
Calon gubernur DKI, Anies masih memungkinkan karena Pemilihan Presiden (Pilpres) dan Pilkada dilaksanakan pada bulan yang berbeda, meski...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya