Kamis 08 April 2021, 23:26 WIB

Kemenhub: Nekat Mudik, Kendaraan Bakal Diputar Balik

Insi Nantika Jelita | Megapolitan
Kemenhub: Nekat Mudik, Kendaraan Bakal Diputar Balik

ANTARA/ASEP FATHULRAHMAN
Personel gabungan melakukan pengawasan untuk kendaraan yang akan mudik di Pintu Tol Serang Timur (27/4)

 

DIREKTUR Jenderal Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan (Kemenhub) Budi Setiyadi menegaskan, pihaknya bersama aparat kepolisian sudah menyiapkan sanksi bagi warga yang tetap nekat mudik lebaran tahun ini. Seperti diketahui, pelarangan kegiatan itu mulai dari 6 hingga 17 Mei mendatang

Budi mengatakan, sama seperti ketentuan perjalanan mudik pada lebaran atau Idul Fitri tahun lalu, Korlantas Polri akan memutarbalikkan kendaraan yang mencoba mudik di jalur darat.

Baca juga: Vaksinasi Covid-19 Untuk Guru Capai 99 ribu Dosis

"Sanksi yang akan kami lakukan bersama Kepolisian seperti tahun-tahun yang lalu, bagi masyarakat yang menggunakan kendaraan dan tidak memenuhi persyaratan itu akan diputar balik," jelas Budi dalam konferensi pers secara virtual, Kamis (8/4).

Adapun kendaraan yang dilarang berupa jenis mobil bus dan mobil penumpang. Kedua, kendaraan bermotor perseorangan dengan jenis mobil penumpang, mobil bus, dan sepeda motor, serta kapal angkutan sungai, danau, dan penyeberangan.

Budi menambahkan, bagi kendaraan travel atau angkutan perseorangan yang digunakan untuk mengangkut penumpang, petugas kepolisian akan melakukan tindakan tegas baik berupa penilangan dan tindakan lain sesuai UU Lalu Lintas dan Angkutan Jalan.

Korlantas Polri sendiri diketahui telah menyiapkan 333 titik penyekatan di jalur darat yang tersebar di sepanjang wilayah Lampung hingga Bali.

"Kemudian menyangkut masalah pengawasan nanti akan dilakukan oleh Polri  dengan membuat pos-pos check point di beberapa daerah," jelas Budi.

Selain Polri, ungkapnya, juga ada penguatan unsur pengawasan larangan mudik dari TNI, unsur Satpol PP dari dinas Kabupaten/kota, unsur dari dinas perhubungan kabupaten/kota dan Badan Pengelola Transportasi Jabodetabek atau BPTJ. (OL-6)
 

Baca Juga

ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat

1500 Nakes RSDC Wisma Atlet Reakreasi ke Dufan

👤Antara 🕔Selasa 13 April 2021, 03:20 WIB
Refreshing juga sebagai upaya menyegarkan kembali pikiran para nakes yang tiap hari bertugas merawat...
ANTARA FOTO/Muhammad Iqbal

Polisi Selidiki Proyektil Nyasar Rumah Warga di Kebon Jeruk

👤Rahmatul Fajri 🕔Selasa 13 April 2021, 00:31 WIB
Kanit Reserse Kriminal Polsek Kebon Jeruk AKP Pradita Yulandi mengatakan pihaknya telah mendatangi lokasi kejadian dan membenarkan adanya...
ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra

Selama Ramadan, KRL Jabodetabek Beroperasi hingga Pukul 22.00 WIB

👤Insi Nantika Jelita 🕔Senin 12 April 2021, 23:57 WIB
KAI Commuter mengajak penumpang yang hendak makan dan minum untuk berbuka puasa dengan menjaga protokol kesehatan dan menjaga kebersihan...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

Salah Kaprah Salurkan Energi

Kenakalan remaja pada masa lalu hingga masa kini masih ada, bahkan semakin meninggi. Itu terjadi karena remaja sering kali mementingkan solidaritas grup.

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya