Minggu 10 April 2016, 08:49 WIB

Inilah Pengalihan Arus Lalu Lintas saat Luar Batang Digusur Besok

Mtvn/X-2 | Megapolitan
Inilah Pengalihan Arus Lalu Lintas saat Luar Batang Digusur Besok

Ilustrasi/Antara

 

PEMERINTAH Provinsi (Pemprov) DKI sudah menjadwalkan rencana pembongkaran permukiman warga Luar Batang kawasan Pasar Ikan, RW 04, Kelurahan Penjaringan, Kecamatan Penjaringan, Jakarta Utara Senin 11 April. Pembongkaran dalam rangka revitalisasi Kawasan Wisata Bahari, Pasar Ikan, dan Sunda Kelapa.

Kasubdit Bin Gakkum Ditlantas Polda Metro Jaya AKBP Budiyanto menyatakan, polisi sudah menyiapkan rekayasa lalu lintas selama hari pembongkaran. Sejumlah akses jalan menuju kawasan Pasar Ikan akan ditutup sejak pagi.

"Akan dilakukan penutupan Jalan Pakin dan Jalan Gedong Panjang yang mengarah ke Pasar Ikan Penjaringan dari pukul 05.00 WIB sampai dengan selesai," kata Budiyanto saat dikonfirmasi Metrotvnews.com, Minggu (10/4/2016).

Budiyanto merinci, kendaraan dari Lodan yang akan melintas Jalan Pakin bakal dialihkan ke Jalan Tongkol, lalu ke kawasan Cengkeh, sampai Kota dan seterusnya. Kemudian, kendaraan dari arah Penjaringan yang menuju ke Pademangan bakal diarahkan melalui Gedong Panjang sampai kawasan Tiang Bendera dan seterusnya.

"Masyarakat yang akan melintasi Pasar Ikan atau Jalan Pakin dapat memilih alternatif jalan lain. Menggunakan Tol Gedong Panjang atau Jalan Tol Jembatan 3 atau Jalan Arteri lainnya," tambah Budiyanto.

Diketahui, Pemprov DKI sudah melayangkan Surat peringatan (SP) 3 kepada warga Luar Batang kawasan Pasar Ikan, RW 04, Kelurahan Penjaringan, Kecamatan Penjaringan, Jakarta Utara pada Sabtu 9 April. Hari ini, batas akhir warga Luar Batang mengemas barang juga membongkar sendiri bangunannya.

Pemerintah Kota (Pemkot) Administrasi Jakarta Utara bakal memimpin jalanya pembongkaran. Pemkot Jakarta Utara terlebih dahulu melakukan penertiban bangunan yang berada di penampang basah. Berdasarkan data umum, jumlah penduduk di RW 04 sebanyak 4.929 jiwa yang terdiri dari 1.728 kepala keluarga (KK). Jumlah bangunan 893, dengan rincian 347 bangunan di PD Pasar Ikan, 225 di RT 01, 58 bangunan di RT 02, 168 rumah di RT 11 dan 95 bangunan di RT 12.

Sekitar 315 KK yang tinggal di kawasan Luar Batang RW 04, Kelurahan Penjaringan, Kecamatan Penjaringan, Jakarta Utara, siap direlokasi ke rumah susun. Pemprov DKI juga siap membeli tanah warga yang memiliki surat sah.

Informasi di posko pendaftaran, tercatat 176 kepala keluarga (KK) dengan rincian 83 KK direlokasi ke Rusun Rawa Bebek, 8 KK ke Rusunawa Kapuk Muara, 85 KK ke Rusunawa Marunda.

Baca Juga

ANTARA

Pemprov DKI Akan Evaluasi Kerja Sama Dengan ACT

👤Selamat Saragih 🕔Senin 04 Juli 2022, 22:36 WIB
PEMERINTAH Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta akan mengevaluasi kerja sama dengan lembaga filantropi Aksi Cepat Tanggap...
Antara

Enam Saksi Diperiksa Terkait Jebolnya Tandon Air LRT

👤Rahmatul Fajri 🕔Senin 04 Juli 2022, 20:19 WIB
Sebelumnya, sebuah video viral di media sosial menampilkan jebolnya tandon LRT pada Selasa, 28 Juni...
MI/ANDRI WIDIYANTO

Tersangka Pencabulan Santriwati di Depok Belum Ditahan

👤Rahmatul Fajri 🕔Senin 04 Juli 2022, 19:59 WIB
Penyidik baru saja menaikan status kasus tersebut dari tahap penyelidikan ke penyidikan dan menetapkan empat orang sebagai...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya