Rabu 02 Desember 2020, 16:34 WIB

168 Rumah di Sekitar FO Lenteng Agung Mulai Dicat Warna-warni

Putri Anisa Yuliani | Megapolitan
168 Rumah di Sekitar FO Lenteng Agung Mulai Dicat Warna-warni

Antara/Galih Pradipta
Foto aerial pembangunan jalan layang tapal kuda di kawasan Lenteng Agung, Jakarta

 

PEMERINTAH Kota Jakarta Selatan mulai melakukan pengecatan pada atap rumah-rumah warga di sisi timur dan barat Flyover Lenteng Agung, Jagakarsa, Jakarta Selatan, Selasa (1/12). Pengecatan ini dilakukan dalam rangka memperindah kawasan sekitar flyover yang berbentuk tapal kuda tersebut.

Asisten Perekonomian dan Pembangunan Kota Jakarta Selatan Mukhlisin mengatakan, pengerjaan pengecatan ini ditargetkan akan selesai dalam waktu kurang lebih satu bulan. Menurutnya, pengecatan ini perlu dilakukan dengan hati-hati dan teliti, karena yang dicat bukan tembok rumah, melainkan pada bagian atap.

Baca juga: Kapolres belum Terima Hasil Usap Rizieq Positif Covid yang Beredar

"Kegiatan hari ini, yaitu simbolis pengecatan tematik atap atau genteng rumah-rumah warga di sekitar flyover, agar lebih indah, karena ini (Flyover Tapal Kuda) merupakan yang pertama dibangun di Indonesia," ujar Mukhlisin.

Sementara, Lurah Lenteng Agung Bayu Pasca menyampaikan, hari ini pengecatan secara simbolis dilakukan di satu rumah dari ratusan rumah yang nantinya akan dilakukan pengecatan.

"Hari ini tujuannya untuk simbolis saja di rumah Ketua LMK Lenteng Agung (Darius Ghozali), saat ini hanya satu rumah dulu yang dilakukan pengecatan, kita mengerahkan PPSU dari dua kecamatan," tuturnya.

Terkait prosesnya, ia menjelaskan, sebelum dicat, dibersihkan dulu atapnya, agar catnya melekatnya lebih bagus.

"Ada 168 rumah dari empat RW yaitu RW 1, 2, 3 dan 5, timeline-nya kita sebulan, 30 hari kerja tidak ada libur, jadi Sabtu dan Minggu kita bekerja, dengan mekanisme pembagian tiap hari dua kecamatan dengan masing masing kecamatan 12 personel, dan dari Lenteng Agung 10 orang," ungkapnya.

Salah satu warga yang rumahnya dicat, Darius Ghozali mengaku sangat mendukung kegiatan pengecetan rumah tersebut.

"Kami sangat mendukung pengecatan ini, ini adalah suatu keindahan dan bisa menjadi ciri khas Lenteng Agung yang dapat dilihat dari Flyover Tapal Kuda ini, pada prinsipnya kami semua warga mendukung pengecatan ini, yang penting semua menarik, bagus dan indah," tuturnya.

Sebelumnya, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan meminta agar atap-atap rumah di sisi barat dan timur Flyover Lenteng Agung agar dicat warna-warni untuk menunjang keindahan suasana di kawasan tersebut.

Flyover Lenteng Agung yang ditujukan untuk menjadi titik putar balik memiliki bentuk setengah elips atau seperti tapal kuda. Dari situlah sebutan Flyover Tapal Kuda berasal. Bentuk Flyover seperti tapal kuda ini adalah yang pertama dibangun di Indonesia. Dinas Bina Marga DKI Jakarta menyebut pembangunan sudah mencapai 95% dan akan bisa dioperasikan pada bulan ini. (OL-6)

Baca Juga

MI/Andri Widiyanto

RS DKI Hampir Penuh, IDI: Sudah Diingatkan Sebelum Liburan

👤Selamat Saragih 🕔Selasa 19 Januari 2021, 21:35 WIB
Sebelumnya, IDI Jakarta memprediksi adanya lonjakan kasus covid-19 pascalibur Natal dan Tahun Baru. Kondisi itu dapat menyebabkan rumah...
ANTARA FOTO/Suwandy

Khawatir UMKM Rontok, DKI Minta Pedagang Daging Tak Mogok Jualan

👤Putri Anisa Yuliani 🕔Selasa 19 Januari 2021, 21:21 WIB
Apabila rencana para pedagang daging untuk mogok berjualan akan berdampak pada usaha kecil dan menengah (UKM) rumahan yang menggunakan...
Antara

Selama PPKM, 2.345 Orang Ditindak Tidak Pakai Masker

👤Putri Anisa Yuliani 🕔Selasa 19 Januari 2021, 20:15 WIB
Jutaan orang meninggal karena terpapar Covid-19, tapi masa ada saja orang yang mengacuhkan protokol...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya