Selasa 24 November 2020, 14:53 WIB

Ada Vaksin, Pengusaha Minta Prokes Tetap Diterapkan Disiplin

Putri Anisa Yuliani | Megapolitan
Ada Vaksin, Pengusaha Minta Prokes Tetap Diterapkan Disiplin

ANTARA FOTO/Fakhri Hermansyah
Seorang warga memesan makanan di rumah makan yang menerapkan jaga jarak di Duren Sawit, Jakarta Timur, Jumat (13/11/2020).

 

DUNIA usaha menyambut positif upaya pemerintah menghadirkan vaksin Merah Putih yang diprediksi bakal bisa didistribusikan tahun depan. Hal itu disampaikan Wakil Ketua Umum Kadin Indonesia Bidang Hubungan Internasional Shinta Kamdani dalam webinar Penanganan Kesehatan dan Pemulihan Sosial-Ekonomi, Selasa (24/11).

Ia pun memahami ada kalangan tertentu yang mendapatkan prioritas untuk divaksin seperti tenaga medis dan tenaga lainnya yang berkaitan dengan penanggulangan wabah.

"Kita menyambut positif ya vaksin semakin dekat. Kita juga mengerti dan memahami ada prioritas. Intinya kami optimistis ini akan menjadi solusi pengendalian covid-19," kata Shinta.

Namun demikian, ia meminta adanya vaksin tidak membuat semangat pemerintah pusat maupun daerah untuk tegas menerapkan protokol kesehatan mengendur.

"Kami minta untuk penerapan prokes tidak mengendur atau tetap dilakukan dengan disiplin oleh seluruh masyarakat," ujarnya.

Baca juga: Pemerintah Mantapkan SDM dan Fasilitas Vaksinasi Covid-19

Shinta mengatakan prokes harus dilakukan baik oleh kalangan pengusaha di tempat usahanya maupun oleh masyarakat di tempat-tempat umum serta di lingkungan tempat tinggal.

Pasalnya, tidak ada yang bisa memastikan vaksin ini bisa didapatkan dengan cepat atau tidak. Terlebih pada gelombang pertama, pemerintah dipastikan memberikan vaksin pada kalangan yang menjadi prioritas.

"Karena kita tidak tahu kan kapan kita semua akan mendapat vaksin ini karena bergiliran. Jadi prokes itu baik oleh pengusaha maupun masyarakat umum harus terus dilakukan dan ini menjadi adaptasi kebiasaan baru kita di mana saja," tegasnya.(OL-5)

Baca Juga

Antara

Awal 2021, Klaster Keluarga Jadi Sumber Penularan Covid-19

👤Hilda Julaika 🕔Rabu 20 Januari 2021, 21:40 WIB
Sementara itu, untuk klaster perkantoran justru menurun hanya 2,7%. Data ini dihimpun selama sepekan penyelenggaraan PPKM yakni, 11-17...
MI/Andri W

Transjakarta Sediakan Feeder Khusus Rute Harmoni – Pasar Baru

👤Hilda Julaika 🕔Rabu 20 Januari 2021, 21:22 WIB
TRANSJAKARTA menyediakan feeder atau bus pengumpan khusus untuk rute Harmoni – Pasar Baru. Layanan tersebut resmi beroperasi mulai...
Antara

Urus Tilang di Kota Tangerang Cukup Dari Rumah

👤Sumantri 🕔Rabu 20 Januari 2021, 21:15 WIB
MASYARAKAT yang kena tilang di Kota Tangerang cukup menunggu di rumah untuk menyelesaikan administrasinya. Jika mengurus ke Kejaksaan...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya