Senin 16 November 2020, 21:03 WIB

Polisi Bekuk Komplotan Pencuri Sepeda di Perumahan

Rahmatul Fajri | Megapolitan
Polisi Bekuk Komplotan Pencuri Sepeda di Perumahan

MI/ Irfan
.

 

POLISI menangkap komplotan spesialis pencuri sepeda di perumahan. 

Polisi menangkap tujuh orang tersangka dengan rincian empat orang sebagai pencuri, yakni ETB (31), RH, (22), YI (26), dan T (35). Sedangkan tiga lainnya merupakan penadah, yakni AS (39), E (50), dan M (65).

Polisi masih mengejar satu tersangka pencurian lainnya, ER yang saat ini berstatus buron.

Kepala Bidang Humas Polda Metro Jaya Kombes Yusri Yunus mengatakan pelaku ditangkap berdasarkan empat laporan pencurian yang terjadi di perumahan di wilayah Tangerang dan Pademangan, Jakarta Utara selama dua bulan terakhir. 

Berdasarkan penangkapan tersangka, pelaku mengamankan 34 sepeda hasil curian.

Yusri mengatakan pelaku berpatroli untuk menentukan target. Pelaku lalu memanjat pagar rumah untuk mencuri sepeda.

"Mereka sama seperti pencurian sepeda motor roda dua. Mereka rata-rata mengincar, berpatroli dulu kemudian ada rumah yang ada sepedanya baru mereka bergerak untuk melaksanakan aksinya," kata Yusri, ketika konferensi pers di Polda Metro Jaya, Jakarta Selatan, Senin (16/11).

Yusri mengatakan hasil curian itu kemudian dijual kepada penadah dengan harga miring tergantung merk sepeda. Pelaku mendapatkan uang jutaan rupiah setelah beraksi.

Yusri mengatakan, fenomena bersepeda yang marak belakangan ini menjadi peluang bagi para pencuri untuk mendapatkan uang dengan jalan pintas.

"Banyaknya orang butuh sepeda, kemudian mereka makin marak mencuri sepeda, karena harganya melebihi motor. Sekarang ini kalau sepeda yang bagus-bagus, jualnya pun gampang sekali," kata Yusri.

Atas perbuatannya, pelaku dikenakan Pasal 363 KUHP tentang pencurian dengan pemberatan dengan ancaman pidana penjara paling lama tujuh tahun dan Pasal 362 KUHP dengan pidana penjara paling lama lima tahun. (OL-8)

Baca Juga

dok.Ant

Lokasi Bayar Pajak Kendaraan di Jadetabek Selasa Ini

👤Muhamad Fauzi 🕔Selasa 07 Desember 2021, 07:15 WIB
Selasa ini ada 14 titik layanan Samsat pembayaran pajak kendaraan tersebar untuk wilayah Jakarta, Depok, Tangerang dan...
Dok. Hipmi Jaya

Hipmi Jaya Kukuhkan 315 Anggota Baru

👤Mediaindonesia.com 🕔Senin 06 Desember 2021, 23:38 WIB
"Pengukuhan anggota baru merupakan salah satu program kerja BPD HIPMI Jaya dalam rangka pengembangan program kaderisasi serta dalam...
 ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay

Pasca-Kebakaran Gedung Cyber, Data Center ISC Tetap Berfungsi Normal 

👤mediaindonesia.com 🕔Senin 06 Desember 2021, 20:18 WIB
Data center ISC dapat beropersi dan tak mengalami ganguan karena Data Center ISC Cyber-1 telah memiliki sertifikasi Tier III Facility dari...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya