Senin 26 Oktober 2020, 00:30 WIB

80% Pecatan Polisi Terkait Narkoba

80% Pecatan Polisi Terkait Narkoba

ANTARA
Kepala Divisi Hubungan Masyarakat Polri Irjen Argo Yuwono

 

SEPANJANG Januari hingga Oktober 2020 Polri memecat 113 anggotanya karena melakukan pelbagai pelanggaran berat. Dari ratusan anggota Polri tersebut, mayoritas atau sekitar 80% terseret kasus narkoba.

Kepala Divisi Hubungan Masyarakat Polri Irjen Argo Yuwono, kemarin, menuturkan bahwa permasalahan polisi yang dipecat sudah inkrah di pengadilan. Ada pula yang masih menjalani persidangan.

“Tindakan tegas, polisi yang terlibat berbagai pelanggaran berat khususnya narkoba dipecat. Ada yang sudah inkrah keputusan pengadilan dan ada yang masih berproses,” ujarnya.

Argo mengatakan Polri akan terus memberantas peredaran narkoba di Tanah Air. Bahkan tak segan menindak siapa pun termasuk anggota Polri yang terlibat.

“Komitmen Kapolri Jenderal Idham Azis sudah sangat jelas dan tegas. Oknum anggota yang terlibat harus dihukum mati karena yang bersangkutan tahu undang-undang dan tahu hukum,” ucap Argo.

Kasus teranyar melibatkan perwira Polri berpangkat komisaris berisial IZ, 55. Ko misaris IZ diduga terlibat dalam peredaran narkoba. 

Peristiwa ini terjadi ketika Direktorat Reserse Narkoba Polda Riau menangkap tiga orang terkait peredaran narkotika di Jalan Soekarno-Hatta, Pekanbaru, Jumat (23/10) malam.

Saat penangkapan, polisi berpakaian preman dan tersangka terlibat kejar-kejaran hingga IZ, yang menjabat sebagai Kasi Identifikasi Direktorat Reserse Kriminal Umum Polda Riau, tumbang saat peluru panas bersarang di kakinya. IZ mencoba melawan saat rekan satu korpsnya hendak menangkapnya. Dari tangan IZ, petugas menyita 16 kilogram sabu.

Kapolda Riau Irjen Agung Setya Imam Effendi mengatakan langsung mencopot jabatan Komisaris IZ setelah tertangkap. “Kita akan selesaikan proses hukum, baik internal maupun pertanggungjawaban hukum terkait undang-undang narkoba. Saya harap hakim memberikan hukuman yang layak untuk pengkhianat bangsa ini,” sebut Agung.

Argo mengatakan pihaknya juga melakukan edukasi kepada anggota serta mengawasi langsung gerak-gerik aparat oleh Propam agar tidak melakukan hal yang melanggar. (Ykb/J-1)
 

Baca Juga

ANTARA/Jessica Helena Wuysang

Polisi Tangkap Penipu dan Pemalsu Sertifikat Tanah Rp6 Miliar

👤Rahmatul Fajri 🕔Kamis 03 Desember 2020, 21:15 WIB
Direktur Reserse Kriminal Umum Kombes Tubagus Hidayat menjelaskan modus operandi para pelaku yakni membujuk korban untuk meminjamkan...
Ist

Relief Bandara, Komitmen PPK Kemayoran Rawat Jejak Sejarah

👤mediaindonesia.com 🕔Kamis 03 Desember 2020, 20:10 WIB
Di era modern, arsitektur dan dekorasi sebuah ruang tunggu bandara banyak dihias dengan lukisan maupun gambar yang memperlihatkan keindahan...
MI/Fransisco Carolio Hutama Gani

Usulan Kenaikan Anggaran Gaji DPRD DKI Lukai Hati Publik

👤Sri Utami 🕔Kamis 03 Desember 2020, 19:32 WIB
Rencana tersebut mencerminkan minimnya kepedulian wakil rakyat terhadap situasi dan kondisi ekonomi masyarakat yang serba sulit di tengah...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya