Selasa 11 Agustus 2020, 05:51 WIB

Belasan Kampung Kumuh bakal Ditata

Put/J-2 | Megapolitan
Belasan Kampung Kumuh bakal Ditata

Antara/Aprillio Akbar
Ilustrasi -- Permukiman penduduk di bantaran Kali Cakung Drain, Jakarta

 

REALISASI penataan kampung kumuh tahun ini agak tersendat karena sebagian besar anggaran pembangunan infrastruktur dan pembangunan kota lainnya dialihkan untuk penanganan pandemi dan pemulihan ekonomi.

Hal itu dikemukakan Kepala Bidang Permukiman Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman (DPRKP) DKI Jakarta Retno, kemarin. “Tidak semuanya ke sana (covid-19), tapi ada beberapa yang bisa. Bisa dari APBD dan bisa kita cari-cari melalui CSR dan KSBB (kolaborasi sosial berskala besar),” ujar Retno.

Pada tahun ini, terang dia, Pemerintah Provinsi DKI berencana menata 11 rukun warga (RW). Penataan itu menggunakan anggaran
pendapatan belanja daerah (APBD) 2020. “Belum implementasi, baru perencanaan. Ada 11 RW akan kita tindaklanjuti tahun ini,” ujarnya.

Berdasarkan salinan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Provinsi DKI Jakarta 2018-2022 dari laman Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) DKI Jakarta, sebanyak 10 RW ditata pada 2018 dan 40 RW pada 2019.

Kemudian, 56 RW ditata pada 2020, 46 RW pada 2021, dan 48 RW pada 2022. Retno menyebut total sebanyak 67 RW telah terealisasi pada tahun lalu. Pun anggaran yang digelontorkan mencapai Rp298 miliar.

“Seharusnya, tahun ini sebanyak 56 RW yang akan ditata. Namun, terkendala anggaran yang difokuskan untuk penanganan covid-19 makanya baru 11 RW saja yang akan ditindaklanjuti. Empat puluh lima RW sisanya masih CAP (community action plan). Kita lagi usahakan untuk cari pengembang dan CSR (corporate social responbility),” jelasnya.

CAP merupakan program kegiatan kolaborasi dengan berbagai pihak untuk menjadi acuan keberlanjutan program penataan kawasan. Anggaran penataan kawasan berasal dari pihak ketiga. (Put/J-2)

Baca Juga

Antara/M. Risyal Hidayat

Begini Pola Pengalihan Arus Lalu Lintas Selama Car Free Day Berlangsung Besok

👤Mohamad Farhan Zhuhri 🕔Sabtu 21 Mei 2022, 21:45 WIB
Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya, Kombes Sambodo Purnomo Yogo mengatakan pelaksanaan HBKB tersebut dimulai pukul 06.00-10.00...
Antara/M. Risyal Hidayat

Warga Sambut Positif HBKB di Jakarta Diadakan Lagi

👤Putri Ansia Yuliani 🕔Sabtu 21 Mei 2022, 20:15 WIB
Selain itu, kebijakan ini juga sudah bisa dilakukan karena jumlah vaksinasi di Jakarta juga cukup tinggi sehingga ia menilai kekebalan...
ANtara/Yusuf Nigroho

Minyak Goreng Curah di Kota Bekasi Terpantau Sudah Turun Rp14 Ribu per liter

👤Rudi Kurniawansyah 🕔Sabtu 21 Mei 2022, 19:00 WIB
Ia menjelaskan, turunnya harga minyak goreng sudah ditetapkan dari tingkat agen. Para pedagang biasa membeli dalam ukuran jiriken 5 hingga...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya