Selasa 28 April 2015, 00:00 WIB

Pengawasan Apartemen Harus Diperketat

Pengawasan Apartemen Harus Diperketat

ANTARA

 
GUBERNUR DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok mengatakan seharusnya pengelola apartemen Kalibata City bisa dengan cepat membentuk kerukunan warga seperti RT dan RW sebagai pengawasan dan pamong warga. Karena dalam lingkungan apartemen, pengawasan dari warga lainnya tidak bisa dilakukan dengan mudah seperti hunian umumnya.

"Pengelola harusnya bisa membatasi orang seperti apa yang bisa masuk. Kalau tetangganya curiga ada prostitusi, apa bisa ditangkap? Tidak. Itu satu persoalan," kata Ahok di Balai Kota, kemarin.

Pemerintah Provinsi DKI Jakarta mencatat, sekitar 18% atau 20 dari 107 apartemen di Jakarta saat ini bermasalah. Tidak hanya pada pengelola dan penghuni, masalah juga terjadi terkait izin-izin hunian. Kepala Dinas Perumahan dan Gedung Pemerintah Daerah (Pemda) DKI Jakarta Ika Lestari Aji mengatakan hal ini terjadi karena ketertutupan penghuni serta sifat proteksi tinggi dari manajemen pengelola terhadap penghuninya.

"Kasus seperti itu banyak di apartemen dan rusunami (rumah susun sederhana milik) di jakarta. Aparat pemerintah itu sulit untuk mengecek warganya," jelasnya.

Untuk mencegah tindakan kriminal kembali terulang dan menimpa penghuni rusunami, pemprov DKI Jakarta pun akan menghentikan sistem rusunami di Ibu Kota. Ika menyebutkan sistem rusun yang akan diperbanyak ialah rusun sederhana sewa (rusunawa).

Karena saat ini pola rusunawa lebih mudah diawasi Pemprov DKI. Rusunawa yang telah ada pun akan tetap diawasi pemprov. Sistem rusunami juga dinilai lebih merugikan jika tidak diawasi dengan betul.

"Ke depan akan kami perbanyak rusunawa," tukasnya.

Terpisah, Wakil Gubernur DKI Jakarta Djarot Syaiful Hidayat mengatakan fokus Pemerintah DKI Jakarta saat ini ialah memberantas prostitusi terselubung hingga tuntas, dan mencegah agar hunian vertikal tidak dijadikan sarang kriminal. (Put/Try/Nel/Ssr/J-4)

Baca Juga

Antara/Aditya Pradana Putra

6 Stasiun  KRL ini akan Selenggaran Tes Antigen Acak pada Penumpang

👤Putri Anisa Yuliani 🕔Sabtu 19 Juni 2021, 20:30 WIB
Tes antigen acak ini dilakukan sebelum pengguna bertransaksi untuk membeli tiket ataupun tap masuk di gate elektronik...
Dok.Apical Group

Peduli Kesehatan Masyarakat, Apical Bagikan Sembako

👤Mediaindonesia.com 🕔Sabtu 19 Juni 2021, 19:20 WIB
Sebagai upaya mendukung kesehatan masyarakat di sekitar pabrik operasinya, mereka membagikan sembako bagi masyarakat di sekitar lingkungan...
Antara/M. Risyal Hidayat

Kasus Harian Covid-19 di Jakarta Kembali Catatkan rekor, Tambah 4.895 Kasus

👤Putri Anisa Yuliani 🕔Sabtu 19 Juni 2021, 19:02 WIB
Dari jumlah tes tersebut, sebanyak 16.797 orang dites PCR hari ini untuk mendiagnosis kasus baru dengan hasil 4.895 positif dan 11.902...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

Pungli Tetap Marak Pak Satgas!

Pungli di berbagai layanan publik terus menjadi masalah yang dialami masyarakat, bahkan di tengah kesulitan ekonomi akibat pandemi.

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya