Kamis 19 Desember 2019, 23:00 WIB

Biaya Tebus Ijazah Capai Rp688 juta

Biaya Tebus Ijazah Capai Rp688 juta

MI/Insi Nantika Jelita
Sekretaris Daerah DKI Jakarta, Saefullah

 

PEMERINTAH provinsi (Pemprov) DKI Jakarta baru bisa menebus 171 ijazah yang ditahan oleh pihak sekolah. Dana yang dikucurkan untuk menebus ijazah mencapai Rp688 juta. Dana tersebut untuk ijazah 171 siswa, mulai lulusan Sekolah Dasar hingga Sekolah Menengah Atas. Dalam hal ini, Pemprov DKI menggandeng Baznas DKI.

“Ini di sekolah swasta, bukan di sekolah negeri. Kalau sekolah negeri sudah kami genjot, harus beres. Angkanya ternyata fantastis. Begitu kami tanya, masih banyak, sekitar Rp2,6 miliar. Tapi beresin dulu yang Rp688 juta, sisanya nanti,” ujar Sekretaris Daerah DKI Jakarta, Saefullah di Gedung Balai Kota, Jakarta, Kamis (19/12).

Menurut Saefullah, ada 540 siswa yang mengajukan permintaan tebus ijazah ke Dewan Perwakilan Rakyat Daerah DKI. Namun, setelah diverifikasi oleh Pemprov DKI ternyata fakta di lapangan menunjukkan 171 siswa. Mereka tidak mampu membayar SPP bulanan hingga menunggak dan akibatnya mereka tidak bisa mengambil ijazah kelulusan.

“Saya rasa sekolah-sekolah swasta ini juga menanggung derita karena dia mendidik anak-anak. Sementara sekolah itu dalam mengoperasionalkan juga butuh biaya, merawat gedung, listrik. Sekolah juga harus membayar penjaga sekolah, tenaga pengajar, kan banyak itu. Itu kan enggak boleh tertunda (bayar SPP),” papar Saefullah.

Diketahui salah satu program Gubernur Anies Baswedan adalah mendorong sekolah berkualitas dan tuntas 100 persen. Namun, ironisnya ada kurang lebih 30 persen anak di Jakarta tidak menamatkan pendidikan sampai ke jenjang pendidikan menengah atas.

Dalam rangka education for all, kata Sekda, pihaknya menegaskan tidak membeda-bedakan bantuan pendidikan anak yang bersekolah di negeri atau swasta.
“Ini harus kami bereskan. Kalau sudah beres kan mereka tenang hatinya. Jadi, ini terjadinya di sekolah-sekolah swasta,” pungkasnya. (Ins/J-2)

 

Baca Juga

MI/Andri Widiyanto

Kematian Covid-19 DKI Meningkat 52% Sepekan PPKM, Ada Apa?

👤Hilda Julaika 🕔Senin 18 Januari 2021, 12:59 WIB
Dalam sepekan PPKM di DKI Jakarta, sebanyak 52%  kasus kematian, meningkat dibandingkan sepekan...
ANTARA/Rivan Awal Lingga

DPRD DKI: Sindikat Pemalsu Tes PCR Harus Diusut & Dihukum Maksimal

👤Hilda Julaika 🕔Senin 18 Januari 2021, 10:50 WIB
Pengusutan dengan tuntas perlu dilakukan agar pemalsuan seperti ini tak berujung pada penyebaran covid-19 yang tak...
ANTARA FOTO/Indrianto Eko Suwarso

Kapal Pengawas KKP Temukan Bagian Pesawat dan Korban Sriwijaya Air

👤Insi Nantika Jelita 🕔Senin 18 Januari 2021, 10:35 WIB
Kapal Pengawas Perikanan Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) menemukan sejumlah bagian pesawat dan korban kecelakaan pesawat...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya