Sabtu 27 Juli 2019, 19:53 WIB

Tindak Pedagang Hewan Kurban yang Berjualan di Trotoar

Rifaldi Putra irianto | Megapolitan
Tindak Pedagang Hewan Kurban yang Berjualan di Trotoar

Ilustrasi: Hewan kurban dijajakan di atas trotoar.
Bary Fathahilah

 

MENJELANG Hari Raya Idul Adha, sejumlah pedagang hewan kurban musiman mulai marak menjajakan kambing dan sapi. Salah satu kawasan yang kerap dijadikan lahan berjualan hewan kurban ialah Tanah Abang, Jakarta Pusat.

Demi terciptanya ketertiban, Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta telah melarang pedagang hewan kurban berjualan di atas trotoar. Pedagang musiman tersebut diminta menjauhi jalur pejalan kaki dan jalur hijau.

Baca juga: Festival Condet, Upaya Melestarikan Budaya Betawi

Wakil Wali Kota Jakarta Pusat Irwandi mengatakan, pihaknya sudah melakukan sosialisasi kepada para pedagang agar tidak menjajakan dagangan mereka di trotoar maupun jalur hijau. Hal itu, sambung Irwandi, sudah dilakukan melalui camat Tanah Abang.

"Camat Tanah Abang sudah mengimbau, mengingatkan, dan menyosialisasikan, agar pedagang hewan kurban tidak berdagang di trotoar dan jalur hijau. Memang setiap tahun banyak pedagang hewan kurban musiman," kata Irwandi dalam pesan singkat, Sabtu (27/7).

Jika pedagang masih menjajakan dagangannya di sepanjang trotoar di Jakarta Pusat, pihaknya tidak segan-segan menginstruksikan Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) agar segera menindak mereka.

"Namun selama si pedagang hewan kurban punya tanah kosong, ya tidak apa-apa. Boleh gunakan tanah kosong yang belum terbangun. Kalaupun harus dekat trotoar, harus mundur ke belakang," pungkas dia.

Larangan menjual hewan kurban di trotoar sesuai dengan Instruksi Gubernur No. 46/2019 tentang Pengendalian, Penampungan, dan Pemotongan Hewan Kurban Idul Adha 1440 H. Pengawasan berada di bawah jajaran pemerintah kabupaten atau kota. (Rif/A-5)

Baca Juga

dok.ist

Komunitas Sopir Truk DKI Berikan Alat Las dan Steam untuk Sopir Truk di Jaktim

👤Selamat Saragih 🕔Kamis 02 Februari 2023, 06:15 WIB
KOMUNITAS sopir truk DKI Jakarta pendukung Ganjar Pranowo memberikan alat steam dan las, untuk para sopir truk yang berasal dari sejumlah...
Dok. MI

Proyek Penyaringan Sampah Kali Ciliwung Baru Rampung Bulan Depan

👤Putri Anisa Yuliani 🕔Rabu 01 Februari 2023, 21:57 WIB
Sebelumnya, Pemprov DKI Jakarta menargetkan proyek penyaringan sampah Kali Ciliwung selesai pada Januari ini. Namun, terdapat kendala dalam...
Antara

DPRD DKI: Wisma Atlet Bisa Dijadikan RS Anak

👤Putri Anisa Yuliani 🕔Rabu 01 Februari 2023, 21:17 WIB
Pemprov DKI Jakarta pun diminta untuk berkomunikasi dengan pemerintah pusat. Dalam hal ini, untuk mengambil alih pengelolaan Wisma Atlet,...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya