Sabtu 29 Juni 2019, 19:04 WIB

Hari Lingkungan Hidup, Festival Kampung Berseri Astra Digelar

Rifaldi Putra Irianto | Megapolitan
Hari Lingkungan Hidup, Festival Kampung Berseri Astra Digelar

ANTARA/Dhemas Reviyanto
Wisatawan tujuan Kepulauan Seribu berusaha masuk ke dalam kapal di dermaga Kali Adem, Muara Angke, Jakarta, Sabtu (8/6).

 

Dalam rangka merayakan hari lingkungan hidup sedunia yang jatuh pada 5 Juni, PT Astra International Tbk pada hari ini, Sabtu (29/6), menggelar Festival Kampung Berseri Astra (KBA) yang dilaksanakan di Pulau Pramuka, Kabupaten Kepulauan Seribu, Provinsi DKI Jakarta, pada 28-29 juni 2019.

Festival KBA mengangkat tema pulauku nol sampah. Salah satu fokus utama dari Festival KBA kali ini ialah peduli pada lingkungan seperti mengelola sampah daur ulang, hingga upaya pengurangan penggunan plastik.

"Apa yang dilakukan oleh Astra dengan mengadakan kegiatan di sini, untuk mengajak kita semua untuk bersama-sama peduli dengan lingkungan, dan hari ini para peserta dapat gelas kaca atau tumbler itu tujuannya adalah mengurangi sampah yang kita hasilkan dari kegiatan kita, " kata Deputy Chief of Corporate Affairs Astra Riza Deliansyah, pada acara Festival Kampung Berseri Astra, di Pulau Pramuka, Kepulauan Seribu, Sabtu (29/6).

Acara yang berlangsung selama dua hari tersebut ini akan dilakukan beragam kegiatan untuk mendukung kepedulian lingkungan. Contohnya ialah daur ulang seribu kertas, kompetisi video pulauku nol sampah, seminar lingkungan, hingga ecofashion carnaval.

"Rangkaian acara, sebenernya sudah dari lama, ada competisi video, kemudia hari ini ada penjelasan tentang budidaya tanaman langka, kemudian juga ada kegiantan jambore adiwiyata, besok ada ecofashion dan lain-lainnya," jelasnya.

Baca juga: Astra Bagikan Dividen Rp8,66 Triliun

Menurut Riza, alasan pihaknya memilih Kabupaten Administasi Kepulauan Seribu menjadi lokasi digelarnya festival ini karena daerah tersebut memiliki fokus yang sama dalam masalah lingkungan.

"Alasan memilih pulau seribu, karena pulau seribu memiliki tema yang sama di bidang lingkungan. Pulau seribu saat ini menjadi 1 dari 10 daerah prioritas pariwisata salah satu yang ditampilkan di sini ialah, tidak mungkin menjadi daerah pariwisata kalau tidak bersih," ucapnya.

Ia pun berharap kegiatan Kampung Berseri Astra dapat menjadi hal baik dan menginspirasi masyarakat dalam mengedepankan Pulauku Nol Sampah.

"Yang dilakukan oleh astra adalah mengajak pihak terkait baik dari anak-anak, guru, pemerintah, tokoh masyarakat, pemilik homestay untuk sama-sama mengedepankan pulauku nol sampah ini," harapnya.

Ia menambahkan, dengan kegiatan tersebut juga nantinya dapat menjadi contoh bagi wilayah-wilayah lain di Indonesia untuk dapat mulai peduli pada lingkingan hidup

"Kita ingin mengajak apa yang kita lakukan sekarang bisa kita lakukan bersama-sama di wilayah lain di seluruh Indonesia. Sehingga kita harapkan seluruh Indonesia bisa menjadi lebih bersih dibandingkan sebelumnya, " ucap Riza. (A-4)

Baca Juga

DOK MI

Dewan Pendidikan Diharapkan Tingkatkan Kualitas SDM Tangsel

👤Syarief Oebaidillah 🕔Rabu 18 Mei 2022, 21:10 WIB
SEBANYAK 23 calon anggota Dewan Pendidikan Tangerang Selatan (Tangsel), Banten, mengikuti tahapan proses seleksi untuk memimpin periode...
dok.ist

Ini Alasan Warga Jaktim Deklarasi Sandiaga Uno Presiden 2024

👤Selamat Saragih 🕔Rabu 18 Mei 2022, 20:30 WIB
RATUSAN relawan Sandi Uno Fans Club Jakarta Timur mendeklarasikan Menparekraf, Sandiaga Uno untuk jadi presiden...
MI.

Sejarah Kota Jakarta

👤Miskah Syifa Putri 🕔Rabu 18 Mei 2022, 20:25 WIB
Jakarta pertama kali dikenal sebagai salah satu pelabuhan Kerajaan Sunda yang bernama Sunda Kalapa berlokasi di muara Sungai...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya