Sabtu 01 Juni 2019, 12:09 WIB

Anies Minta ASN yang Terima Bingkisan Lebaran Lapor

Rifaldi Putra Irianto | Megapolitan
Anies Minta ASN yang Terima Bingkisan Lebaran Lapor

Medcom.id/Faisal Abdalla
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan.

 

Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta melarang Aparatur Sipil Negara (ASN) untuk menerima bingkisan lebaran baik berupa uang, barang, makanan hingga bentuk pemberian lainnya yang berhubungan dengan jabatan.

"Sekda provinsi DKI Jakarta sudah membuat surat edaran nomor 42 tahun 2019. Yang intinya adalah bahwa seluruh jajaran Pemprov dilarang menerima gratifikasi baik berupa uang, bingkisan ataupun parsel, fasilitas dan bentuk pemberian lainnya yang berhubungan dengan jabatan atau berlawanan dengan kewajiban," Kata Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, di Lapangan Silang Monas, Jakarta, Sabtu (1/6).

Ia menghimbau bagi para ASN yang terlanjur menerima bingkisan lebaran maupn yang telah menolah harap untuk segera melaporkan hal tersebut ke Unit Pengendalian Grativikasi (UPG) Pemprov DKI.

"Mereka semua yang terlanjur diterima (bingkisan lebaran) harus di laporkan, dan yang ditolak pun harus dilaporkan. Dilaporkannya ke UPG Pemprov DKI," imbaunya.

Dikatakanya, mengenai pelarangan yang dilakukan oleh Pemprov DKI dikarenakan merujuk pada imbauan yang dituangkan dalam surat edaran yang di keluarkan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) No. B/3956/GTF.00.02/01-13/05/2019 tanggal 8 Mei 2019 tentang Imbauan Pencegahan Gratifikasi terkait Hari Raya Keagamaan. 

"Ini kita lakukan karena kita merunjuk kepada KPK, karena kita berada di dalam pemerintahan jadi mau tidak mau, suka tidak suka kita harus lakukan itu," pungkasnya. (OL-4)

Baca Juga

dok.ant

Ini 14 Lokasi Bayar Pajak Kendaraan di Jadetabek

👤Muhammad Fauzi 🕔Rabu 19 Januari 2022, 10:20 WIB
LAYANAN Samsat Keliling ini hanya melayani pembayaran pajak kendaraan bermotor (PKB)...
MI/ANDRI WIDIYANTO

BMKG Peringatkan Cuaca Ekstrem di Jabodetabek dalam Tiga Hari ke depan

👤Putri Anisa Yuliani 🕔Rabu 19 Januari 2022, 09:52 WIB
Sebagian besar wilayah Jabodetabek termasuk wilayah yang diprediksikan mengalami puncak musim hujan pada periode Januari 2021...
dok.mi

Pengeroyokan TNI AD Hingga Tewas, 2 Tersangka DPO Serahkan Diri

👤Hilda Julaika 🕔Rabu 19 Januari 2022, 09:20 WIB
DUA tersangka dari empat Daftar Pencarian Orang (DPO) kasus pengeroyokan seorang TNI AD di Penjaringan, Jakarta Utara menyerahkan diri....

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya