Rabu 01 Mei 2019, 14:55 WIB

SPN Minta Pemerintah Ratifikasi Konvensi Perlindungan Maternitas

M Iqbal Al Machmudi | Megapolitan
SPN Minta Pemerintah Ratifikasi Konvensi Perlindungan Maternitas

ANTARA FOTO/Yulius Satria Wijaya
Peringatan hari buruh.

 

SERIKAT Pekerja Nasional (SPN) meminta pemerintah meratifikasi Konvensi Organisasi Buruh Internasional (ILO) 183.

Ketua SPN DPC Cimahi Dadan Sudiana mengatakan lama waktu cuti melahirkan pada konvensi ILO 138 sudah 14 minggu sementara di Indonesia cuti melahirkan hanya 12 minggu.

Dalam Konvensi ILO 138 Pasal 4 ayat 1 menyebutkan sebagaimana ditentukan oleh hukum dan praktik nasional yang menyatakan prakiraan tanggal kelahiran, seorang perempuan yang padanya Konvensi ini berlaku berhak mendapatkan masa cuti melahirkan tidak kurang dari 14 minggu.

Sementara dalam Pasal 82 Undang-Undang No13 Tahun 2003 tentang Ketenagakerjaan yang mengatur tentang cuti bagi pekerja yang hamil memperoleh istirahat selama 1,5 bulan sebelum melahirkan dan 1,5 bulan sesudah melahirkan.

"Pemerintah seharusnya meratifikasi hal tersebut karena Indonesia merupakan anggota dari PBB. Kemudian ILO merupakan bagian dari PBB sehingga pemerintah harus meratifikasinya menjadi Undang-Undang," kata Dadan Sudiana saat demo buruh di Jalan Merdeka Barat, Rabu (1/5).

Baca juga: Aliansi Buruh Minta BPJS Dibubarkan

Selain tuntutan bubarkan BPJS, SPN juga memiliki lima tuntutan lain, di antaranya reformasi Sistem Jaminan Sosial, BPJS Kesehatan dan BPJS Ketenagakerjaan gratis untuk Buruh, pencabutan Peraturan Pemerintah Nomor 78 Tahun 2015 tentang Pengupahan, pencabutan Permenaker Nomor 36 Tahun 2016 tentang Pemagangan.

Selanjutnya, penegakkan hukum ketenagakerjaan dan perlindungan pekerja perempuan dari kekerasan dan pelecehan seksual di dunia kerja segera meratifikasi Konvensi ILO 183 Tentang Perlindungan Maternitas.(OL-5)

Baca Juga

Istimewa

Gratis Air Siap Minum Hadir di Kota Bekasi

👤Muhamad Fauzi 🕔Rabu 02 Desember 2020, 21:45 WIB
MASYARAKAT Tanpa Riba (MTR) Bekasi membangun fasilitas air minum gratis untuk masyarakat. Kali ini berlokasi di Kampung Percetakan...
Dok MI

Cek Prokes Polisi Jakbar Justru Temukan Delapan Pengguna Narkoba

👤Mediaindonesia.com 🕔Rabu 02 Desember 2020, 20:41 WIB
13 orang yang dites, delapan diantaranya positif menggunakan narkoba. Meski demikian, polisi tak menemukan adanya narkoba di...
ANTARA/Adi Wirman

Tanggapan Dirum RS Ummi tentang Hasil Tes Usap Rizieq yang Beredar

👤Dede Susianti 🕔Rabu 02 Desember 2020, 20:33 WIB
Harapan persoalan tidak berlanjut, karena pihaknya beranggapan sudah menjadi salah satu komitmen yang disampaikan oleh Wali Kota Bogor Bima...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya