Senin 01 April 2019, 16:05 WIB

Pendapatan Pajak Kota Bekasi Triwulan Pertama Memprihatinkan

Gana Buana | Megapolitan
Pendapatan Pajak Kota Bekasi Triwulan Pertama Memprihatinkan

ANTARA FOTO/Umarul Faruq
Warga memanfaatkan fasilitas Mal Pelayanan Publik

 

PENDAPATAN pajak Kota Bekasi di triwulan pertama 2019 memprihatinkan. Target pendapatan pajak sebanyak Rp8 miliar periode Januari-Maret baru tercapai Rp4 miliar.

“Keseimbangan fiskalnya masih memprihatinkan, saya lihat Rp2 miliar, Rp3 miliar, Rp4 miliar, saya masih belum melihat akurasi dari proses perencanaan,” ungkap Wali Kota Bekasi Rahmat Effendi di Plaza Pemkot Kota Bekasi, Senin (1/4).

Baca juga: Jatipadang Banjir, Wali Kota Jaksel Minta Sudin SDA Dievaluasi

Menurut Rahmat, apabila pendapatan rata-rata baru Rp4 miliar, maka keseimbangan fiskalnya baru 50%. Realisasi realisasi Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) untuk awal tahun 2019 selama tiga bulan ini masih jauh dari harapan.

Rahmat mengatakan, fenomena ini merupakan peringatan keras (lampu merah) bagi ASN di Kota Bekasi. Terutama bagi ASN yang bersentuhan dalam sektor pendapatan seperti Badan Pendapatan Daerah (Bapenda), Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Dinas Perhubungan dan sebagainya.

“Saya minta kepada pak Wakil Wali Kota Bekasi, saudari Sekda dan seluruh OPD yang ada untuk mensimplikasi sebuah proses yang dua tahun lalu sudah kita lakukan mengenai pendapatan,” jelasnya.

Saat ini, kata dia, kendala utama pendapatan asli daerah ada di pajak reklame. Padahal potensi reklame di Kota Bekasi sangat besar untuk gali di lapangan. Tapi habis waktu, bahkan pihak ketiga lebih banyak tidak menyelesaikan kewajibannya ketimbang berproses yang begitu panjang sampai enam bulan hingga setahun.

“Kita punya PPNS (Penyidik PNS), ada 50 orang kalau tidak salah. Jadi bagaimana mungkin kita mau menyeimbangkan sebuah proses perencanaan Rp 6,6 triliun (Anggaran Pendaptan dan Belanja Daerah 2019), kalau dari ketersediaan pagu fiskalnya masih jauh dari harapan,” tandas dia. (OL-6)

Baca Juga

Dok. Kejati DKI Jakarta

Kejati DKI Gelar Bakti Sosial di Lapas Kelas IIA Salemba

👤Rahmatul Fajri 🕔Rabu 28 September 2022, 18:06 WIB
jajaran Kejati DKI memberikan bantuan berupa baju koko, 50 seragam pramuka, perlengkapan mandi untuk 2.033 orang, obat-obatan, serta lilin...
Antara

TMII akan Dibuka untuk Umum, PUPR Pastikan Tiket tidak Mahal

👤Insi Nantika Jelita 🕔Rabu 28 September 2022, 17:04 WIB
Adapun kawasan wisata tersebut akan dibuka untuk umum pada November mendatang, seusai pelaksanaan KTT G20. Dikutip laman resmi TMII, tiket...
Antara

Malam Ini, Ada Rekayasa Pola Operasi Perjalanan Commuter Line

👤 Putri Anisa Yuliani 🕔Rabu 28 September 2022, 16:53 WIB
Pekerjaan tersebut juga bertujuan untuk mengoptimalkan pelayanan perjalanan kereta api, khususnya yang akan masuk dan keluar menuju Stasiun...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya