Minggu 23 Desember 2018, 20:10 WIB

Lalu Lintas Jakarta Jelang Natal Terpantau Aman

Atalya Puspa | Megapolitan
Lalu Lintas Jakarta Jelang Natal Terpantau Aman

MI/SUSANTO

 

DIREKTUR Lalu Lintas Polda Metro Jaya (Dirlantas) Kombes Pol Yusuf mengungkapkan hingga kini kondisi lalu lintas di wilayah DKI Jakarta jelang perayaan Natal 2018 dan Tahun Baru 2019 masih terpantau aman.

"Kalau kita pantau dalam kota tidak ada masalah," ujar Yusuf kepada Media Indonesia, Minggu (23/12).

Yusuf mengatakan Polda Metro Jaya fokus pada sejumlah titik yang berpotensi mengalami kepadatan, yakni tol arah Cikampek dan Cikarang Utama. Ia mengungkapkan, terdapat sejumlah kepadatan tapi masih pada taraf normal.

"Di kilometer 10 itu ada pesimpangan dari Cikunir yang mengarah ke Cikampek, dan dari Cawang. Itu titik temu di situ, itu agak padat," terang Yusuf.

Selanjutnya, ia juga menyebutkan Gerbang Tol Cikarang Utama, tepatnya di kilometer 29 terpantau panjang. Selain itu, terdapat penyempitan jalan di Kilometer 35 hingga 37. Namun, ujarnya, kepadatan tersebut masih terpantau aman dan tidak menimbulkan kendaraan yang membludak.

Yusuf mengatakan, untuk mengantisipasi kemacetan dan kendaraan membludak, pihaknya menempatkan anggota di titik-titik rawan macet tersebut, dan menyiapkan sejumlah mobil derek untuk mengantisipasi kendaraan yang mogok.

"Langkah kita, kita tempatkan anggota di tempat-tempat itu. Kita antisipasi patroli, jika ada kendaraan yang trouble atau mogok segera langsung kita angkut dengan menyiampkan sejumlah derek," jelasnya.

Selain menyiapkan anggota, Yusuf menyatakan Polda Metro Jaya juga sudah menyapkan sejumlah alternatif jika terjadi kepadatan lalu lintas di wilayah Jakarta.

"Beberapa alternatif sudah kita siapkan. Kalau stuck, kita buat contra flow. Kalau terjadi kepadatan luar biasa, kita bikin one way," tambah Yusuf.

Yusuf mengimbau kepada masyarakat luas, menjelang Natal 2018 dan Tahun Baru 2019, agar tertib berlalu lintas dan mengikuti petunjuk yang telah diberikan oleh petugas agar tidak menciptakan hambatan.

Sebelumnya, Polda Metro Jaya menyatakan telah mengerahkan 11.404 personel dan 150 pos pengamanan selama Operasi Lilin Jaya jelang perayan Natal 2018 dan Tahun Baru 2019. Operasi tersebut digelar untuk memastikan perayaan tersebut terhindar dari gangguan keamanan dan ketertiban masyarakat (kamtibnas).

Operasi Lilin digelar sejak 21 Desember 2018 hingga 1 Januari 2019. Pengamanan akan terpusat di sejumlah lokasi, yakni objek wisata, tempat ibadah, bandara, pelabuhan, dan pusat keramaian. (X-12)

Baca Juga

Ist/Thinkstock

Polisi Tangkap Spesialis Jambret di Taman Sari

👤Rahmatul Fajri 🕔Rabu 22 September 2021, 08:46 WIB
Wakasat Reskrim Polres Metro Jakarta Barat AKP Niko Purba mengatakan MS pemain tunggal dalam dunia penjambretan dan mengaku telah beraksi...
Medcom

Antisipasi Banjir, Pemkot Jakbar Tambah Kapasitas Saluran Air di Duri Kepa

👤Yakub Pryatama Wijayaatmaja 🕔Rabu 22 September 2021, 07:00 WIB
"Duri Kepa jadi salah satu wilayah yang kami perhatikan karena rawan...
dok.mi

BMKG: Sebagian Besar Wilayah Jakarta Diguyur Hujan

👤Muhamad Fauzi 🕔Rabu 22 September 2021, 06:00 WIB
BADAN Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memprakirakan sebagian wilayah DKI Jakarta akan diguyur hujan pada Rabu (22/9)...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

Miliarder Baru dari Pundong

MASYARAKAT dihebohkan dengan video viral warga Dukuh Pundong III, Kelurahan Tirtoadi, Mlati, Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, membeli tiga mobil dengan uang tunai.

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya