Kamis 05 November 2015, 00:00 WIB

Ini Solusi Ahok untuk Sampah Jakarta

Intan Fauzi | Megapolitan
Ini Solusi Ahok untuk Sampah Jakarta

Antara/Yudhi Mahatma

 
GUBERNUR DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama mengaku enggan jika sampah Ibu Kota harus terus dikirim ke Bekasi atau pun Bogor. Sebab, biaya distribusi sampah terlalu tinggi karena lokasi pembuangan yang jauh.

"Kami juga enggak mau buang di Bogor atau Bekasi kok, rugi. Kalau kita buang terlalu jauh tuh transport rugi," kata Ahok di Balai Kota, Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat, Kamis (5/11).

Untuk itu, Ahok mendorong Dinas Kebersihan DKI untuk membuat empat incenerator di Jakarta. "Nah ke depan harus gimana, harus bangun incenerator," imbuh Ahok.

"Makanya kita pengen ada empat lokasi di Jakarta, ada Sunter, Semanan, daerah Cakung, Marunda. Kita pengen Cengkareng juga ada," sambungnya.

Ahok juga meminta PD Pasar Jaya mampu mengelola sampah di pasar. Sebab, paling banyak sampah Ibu Kota disumbang dari pasar.

"Terus yang di pasar saya instruksikan Pasar Jaya untuk kelola. Sampah kan banyak dari pasar," jelasnya.

Lebih jauh lagi, Mantan Bupati Belitung Timur itu ingin masyarakat Jakarta paham bagaimana mengelola sampah. Mereka juga perlu ditarik iuran untuk mengelola sampah.

"Terus masyarakat mulai kita didik nih buang sampah harus bayar nih, walaupun kecil. Perumahan-perumahan kalau enggak kamu buang sampah seenaknya. Misalnya contoh ada enggak perumahan yang buang sampah dengan baik? Contoh di Kemang, saya punya ?banyak temen. Mereka di rumah, desain, bakar sendiri, punya tungku sendiri karena rumahnya besar. Jadi memang kalau masyarakat seperti ini, bagi saya ini suatu berkat suatu kesempatan untuk memperbaiki. Kita akan hadapi siapapun," tukasnya. (Q-1)

Baca Juga

Antara/Reno Esnir

Kapolri sebut Aplikasi SINAR Untuk Hindari Penyelewengan

👤Rahmatul Fajri 🕔Selasa 13 April 2021, 20:43 WIB
Listyo juga menuturkan dengan adanya aplikasi SINAR, aparat nantinya bisa mewujudkan pelayanan kepolisian penegakan hukum yang tegas dan...
Antara/Reno Esnir

Lewat Aplikasi SINAR, Pengurusan SIM Bisa dengan Ponsel

👤Rahmatul Fajri 🕔Selasa 13 April 2021, 19:59 WIB
Istiono mengungkapkan aplikasi SINAR akan mempermudah masyarakat untuk memperpanjang masa berlaku dan membuat SIM A dan SIM C secara...
Antara

DKI Larang Restoran Gelar Live Music Selama Ramadan

👤Putri Anisa Yuliani 🕔Selasa 13 April 2021, 19:20 WIB
Kegiatan usaha rumah makan atau restoran dapat beroperasi dengan mengedepankan protokol kesehatan ketat, serta mengikuti aturan Pemprov DKI...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

Salah Kaprah Salurkan Energi

Kenakalan remaja pada masa lalu hingga masa kini masih ada, bahkan semakin meninggi. Itu terjadi karena remaja sering kali mementingkan solidaritas grup.

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya