Senin 23 Januari 2023, 23:45 WIB

Tiongkok Catat 110 Juta Perjalanan KA selama 15 Hari Chunyun

mediaindonesia.com | Internasional
Tiongkok Catat 110 Juta Perjalanan KA selama 15 Hari Chunyun

AFP/WANG Zhao
Para calon penumpang memasuki stasiun kereta api di Beijing, Tiongkok, untuk menjalani tradisi mudik Imlek, Senin (23/1).

 

OPERATOR kereta api Tiongkok memperkirakan lebih dari 110 juta trip (perjalanan) telah terselenggara selama 15 hari pertama musim mudik Tahun Baru Imlek 2023.
 
Estimasi frekuensi trip selama 7-21 Januari 2023 tersebut naik 28% jika dibandingkan dengan periode yang sama tahun lalu.
 
Pengalaman paling menonjol dalam musim mudik Imlek tahun ini adalah layanan berbasis digital dan kecerdasan buatan selama perjalanan, kata Direktur Angkutan Penumpang China Railway, Huang Xin, seperti dikutip media setempat, Senin (23/1).
 
Ia menyebutkan jumlah stasiun kereta api yang menyediakan layanan daring pemesanan makanan meningkat dari 55% menjadi 76% selama musim mudik Imlek, yang dalam bahasa Mandarin dikenal dengan istilah Chunyun itu.
 
Digitalisasi tersebut juga mencakup pemesanan tiket, check-in, dan boarding secara mandiri untuk mengurangi risiko penularan covid-19.
 
Peningkatan frekuensi perjalanan tersebut juga didukung oleh dibukanya 4.100 kilometer jalur kereta api baru, setengahnya untuk jalur kereta api berkecepatan tinggi, yang dibangun sejak 2022.


Baca juga: Wuhan Buka Lembaran Baru Hadapi Covid-19 Setelah 3 Tahun

 
Selain itu, dibukanya beberapa stasiun baru turut mendongkrak jumlah penumpang hingga 19% jika dibandingkan dengan momentum yang sama pada 2019.
 
Jalur baru dan stasiun baru memungkinkan para pemudik menentukan sendiri jalur pilihannya.
 
Bahkan, ada kereta khusus untuk pekerja migran yang bisa menjangkau rute lebih luas dengan jenis pelayanan yang lebih beragam.
 
Penyelenggara perjalanan kereta api juga menerapkan langkah preventif covid dengan mengambil sampel penumpang untuk meminimalkan penularan virus dan menyemprot ventilasi dengan menggunakan desinfektan.
 
Secara resmi otoritas Tiongkok telah mengumumkan penyelenggaraan layanan Chunyun mulai Sabtu (14/1) dan akan berlangsung hingga pertengahan Februari.
 
Namun, warga setempat sejak awal Januari 2023 sudah banyak yang mudik seiring dengan diturunkannya status covid dari level A menjadi level B pada akhir Desember 2022. (Ant/OL-16)

Baca Juga

Dok Kementerian Luar Negeri

Indonesia Salurkan Bantuan Tahap I untuk Korban Gempa Turki

👤Mediaindonesia.com 🕔Rabu 08 Februari 2023, 23:47 WIB
Kondisi di lokasi gempa tergolong berat sehingga menyulitkan akses masuk, khususnya di Gaziantep City Center, Nurdagi, Hatay dan...
AFP

Zelensky Kunjungi Inggris untuk Jemput Bantuan

👤Cahya Mulyana 🕔Rabu 08 Februari 2023, 21:50 WIB
Ukraina akan mendapatkan bantuan dari Inggris berupa pelatihan pilot jet...
AFP/Citra satelit ©2023 Maxar Technologies.

Kebanyakan WNI di Suriah dan Turki Berada di Zona Aman

👤Cahya Mulyana 🕔Rabu 08 Februari 2023, 21:33 WIB
MAYORITAS Warga Negara Indonesia (WNI) di Suriah dan Turki dalam kondisi selamat dan berada di daerah yang tidak terdampak gempa...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya