Selasa 22 November 2022, 12:54 WIB

Kebakaran Pabrik Kimia Di Tiongkok Tewaskan 38 Orang

Cahya Mulyana | Internasional
Kebakaran Pabrik Kimia Di Tiongkok Tewaskan 38 Orang

DOK MI
Ilustrasi

 

SEDIKITNYA 38 orang tewas dalam peristiwa kebakaran pabrik bahan kimia, Kaixinda Trading Co di Tiongkok, Senin (21/11). Kebakaran pabrik yang berada di Anyang Provinsi Henan, Tiongkok tengah itu itu diduga disengaja dan seorang terduga pelaku telah ditahan.

Insiden yang terjadi pada pukul 16.30 waktu setempat itu membutuhkan waktu tiga jam setengah untuk tim pemadam kebakaran memadamkan api. Belum ada rincian yang diberikan tentang penyebab kebakaran atau berapa banyak karyawan yang mengalami luka-luka serta jumlah korban tewas yang lebih rinci.

Pihak berwenang Anyang mengatakan telah menahan seorang tersangka kebakaran tersebut, tetapi tidak memberikan rincian lebih lanjut. Kecelakaan industri sering terjadi di Tiongkok karena standar keselamatan yang lemah dan korupsi di kalangan pejabat yang ditugaskan untuk menegakkannya.

Pada Juni, satu orang tewas dan satu lainnya luka-luka dalam ledakan di sebuah pabrik kimia di Shanghai. Kebakaran di pabrik Sinopec Shanghai Petrochemical Co di distrik terpencil Jinshan mengirimkan awan asap tebal ke zona industri yang luas saat tiga kebakaran berkobar di lokasi terpisah.

Tahun lalu, ledakan gas menewaskan 25 orang dan menghancurkan beberapa bangunan menjadi puing-puing di pusat kota Shiyan. Pada Maret 2019, sebuah ledakan di sebuah pabrik kimia di Yancheng, yang terletak 260 km (161 mil) dari Shanghai, menewaskan 78 orang dan menghancurkan rumah dalam radius beberapa kilometer.

Empat tahun sebelumnya, sebuah ledakan raksasa di utara Tianjin di sebuah gudang kimia menewaskan 165 orang, salah satu kecelakaan industri terburuk di China. (AFP/OL-15)

Baca Juga

AFP/Kirill KUDRYAVTSEV

Gubernur Texas Larang Pegawai Pemerintah Main TikTok

👤Cahya Mulyana 🕔Kamis 08 Desember 2022, 11:00 WIB
“TikTok memanen sejumlah besar data dari perangkat penggunanya, termasuk kapan, di mana, dan bagaimana mereka melakukan aktivitas...
AFP

Putin: Rusia Enggan Pakai Senjata Nuklir, kecuali Terdesak

👤Cahya Mulyana 🕔Kamis 08 Desember 2022, 10:50 WIB
PRESIDEN Rusia Vladimir Putin mengatakan ancaman perang nuklir meningkat. Tetapi dia menegaskan Moskow belum gila sehingga enggan...
AFP/Frederic J. BROWN

Elon Musk Sempat Tergusur dari Puncak Daftar Miliarder Forbes

👤Basuki Eka Purnama 🕔Kamis 08 Desember 2022, 07:15 WIB
Saat saham teknologi Amerika Serikat (AS) merosot seiring kekhawatiran resesi, nilai kekayaan Musk turun hingga di bawah keluarga...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya