Kamis 21 April 2022, 20:20 WIB

Bom ISIS Guncang Dua Kota Afghanistan, termasuk Masjid Syiah

Mediaindonesia.com | Internasional
Bom ISIS Guncang Dua Kota Afghanistan, termasuk Masjid Syiah

AFP.
Pemandangan umum masjid Syiah setelah ledakan bom yang dilaporkan menewaskan 14 orang di Mazar-i-Sharif pada 21 April 2022.

 

SEDIKITNYA 16 orang tewas akibat ledakan bom di dua kota Afghanistan, Kamis (21/4). Korban tewas ini termasuk 12 orang di masjid Syiah dalam Mazar-i-Sharif yang diklaim oleh kelompok ISIS.

Jumlah pengeboman di Afghanistan berkurang sejak Taliban kembali berkuasa pada Agustus. Namun kelompok jihadis dan ISIS mengeklaim beberapa serangan sejak itu, sering kali terhadap kaum Syiah.

Gambar-gambar mengerikan dari para korban yang dibawa ke rumah sakit dari masjid Seh Dokan di Mazar-i-Sharif diposting di media sosial. "Darah dan ketakutan ada di mana-mana," Ahmad Zia Zindani, juru bicara departemen kesehatan masyarakat provinsi Balkh, mengatakan kepada AFP. Ia menambahkan orang-orang berteriak saat mencari berita tentang kerabat mereka di rumah sakit.

Dia mengatakan 12 orang tewas dalam ledakan itu dan 58 terluka, termasuk 32 dalam kondisi serius. "Kerabat korban berdatangan ke rumah sakit kota mencari orang terdekat dan tersayangnya. Banyak warga juga datang untuk mendonorkan darahnya," kata Zindani.

Di Kunduz, sedikitnya empat orang tewas dan 18 luka-luka akibat ledakan, kata juru bicara polisi Obaidullah Abedi kepada AFP. Ini disebabkan oleh bom sepeda yang menargetkan kendaraan pembawa mekanik yang bekerja untuk Taliban.

Baca juga: Enam Tewas dalam Ledakan di Sekolah Syiah Afghanistan

Komunitas Hazara Syiah Afghanistan, yang berjumlah antara 10%-20% dari 38 juta penduduk negara itu, telah lama menjadi sasaran ISIS, yang menganggap mereka sesat. "Tentara kekhalifahan berhasil menaruh bom di masjid, meledakkannya dari jauh setelah masjid penuh dengan jemaah," kata ISIS dalam suatu pernyataan.

Pada Selasa, dua ledakan di luar sekolah dalam lingkungan Syiah di Kabul menewaskan sedikitnya enam orang dan melukai 25 lain. Tidak ada kelompok yang mengaku bertanggung jawab atas serangan itu. (OL-14)

Baca Juga

AFP/SHURAN HUANG

Retno Sebut Semua Menlu G20 Cari Solusi bagi Dunia

👤Cahya Mulyana 🕔Sabtu 02 Juli 2022, 08:58 WIB
"Alhamdulillah per hari ini kita telah mendapatkan konfirmasi melalui saluran diplomatik bahwa semua menteri luar negeri anggota G20...
ANTARA/Muchlis Jr

Presiden Kembali ke Tanah Air dari Abu Dhabi

👤mediaindonesia.com 🕔Jumat 01 Juli 2022, 23:35 WIB
Sebelum mengunjungi PEA, Presiden Jokowi mengikuti Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G7 di Elmau,...
ANTARA/Setpres/Laily R

Presiden Jokowi Bertemu Mohamed Bin Zayed di Istana Al Shatie

👤mediaindonesia.com 🕔Jumat 01 Juli 2022, 22:20 WIB
Presiden tiba di Istana Al Shatie sekitar pukul 13.30 waktu setempat dan langsung melaksanakan sesi foto bersama dan pertemuan bilateral...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya