Selasa 14 September 2021, 15:06 WIB

Infeksi Covid-19 Lokal di Fujian Tiongkok Naik Dua Kali Lipat

Atikah Ishmah Winahyu | Internasional
Infeksi Covid-19 Lokal di Fujian Tiongkok Naik Dua Kali Lipat

AFP/Str
Petugas melakukan vaksinasi di Tiongkok.

 

INFEKSI covid-19 lokal baru meningkat lebih dari dua kali lipat di provinsi Fujian di tenggara Tiongkok, menurut otoritas kesehatan pada Selasa (14/9).

Komisi Kesehatan Nasional mengatakan 59 kasus baru yang ditularkan secara lokal dilaporkan pada 13 September, naik dari 22 infeksi sehari sebelumnya. Semuanya berada di Fujian.

Baca juga: Sambut Assad Datang, Putin Kecam Pasukan Asing di Suriah

Hanya dalam empat hari, total 102 infeksi komunitas telah dilaporkan di Fujian, sebuah provinsi yang berbatasan dengan Zhejiang di utara dan Guangdong di selatan.

Infeksi datang menjelang liburan Hari Nasional selama seminggu yang dimulai pada 1 Oktober mendatang. Wabah domestik terakhir pada akhir Juli hingga Agustus mengganggu perjalanan, memukul sektor pariwisata, perhotelan, dan transportasi.

Wabah Fujian dimulai di Putian, sebuah kota berpenduduk 3,2 juta, dengan kasus pertama dilaporkan pada 10 September. Tes awal pada sampel dari beberapa kasus Putian menunjukkan pasien telah terinfeksi varian delta yang sangat menular.

Virus itu telah menyebar ke kota pesisir Xiamen yang indah, yang melaporkan 32 kasus lokal baru untuk 13 September dibandingkan dengan hanya satu infeksi sehari sebelumnya.

“Pemerintah Putian adalah klien besar kami,” kata seorang staf di sebuah perusahaan survei gedung Xiamen, yang menolak disebutkan namanya.

“Sekitar setengah dari perusahaan kami pergi ke Putian minggu lalu. Mereka sekarang diisolasi di rumah, sementara sisanya pergi untuk melakukan tes covid-19,” imbuhnya.

Seperti Putian, Xiamen telah mengunci beberapa area dengan risiko virus yang lebih tinggi, memotong kelas tatap muka di taman kanak-kanak, sekolah dasar dan sekolah menengah, menutup tempat-tempat umum seperti bioskop, pusat kebugaran dan bar, dan penduduk diminta untuk tidak meninggalkan kota karena alasan yang tidak penting.

“Pasien pertama di cluster Xiamen adalah kontak dekat dengan kasus di Putian,” kata otoritas kesehatan Xiamen pada Senin malam.

Dikenal karena cuacanya yang sejuk dan gaya hidup yang santai, Xiamen adalah tujuan wisata populer di dalam negeri.

Bandara Internasional Xiamen Gaoqi juga merupakan pusat transportasi utama yang menghubungkan Delta Sungai Yangtze dan Pearl. Sekitar 60% penerbangan ke dan dari Xiamen dibatalkan pada hari Selasa, menurut penyedia data penerbangan Variflight.

Namun, kedua kota tersebut belum mengumumkan penguncian seluruh kota yang keras seperti yang terlihat pada awal 2020 di Tiongkok.

Tiga kasus baru penularan komunitas juga dilaporkan di kota Quanzhou terdekat, dibandingkan enam infeksi sehari sebelumnya.

Data Variflight menunjukkan 70% penerbangan Quanzhou dibatalkan.

Satu distrik di Quanzhou, tempat banyak kasus terjadi atau telah mengunjungi Putian, telah menghentikan layanan bus, menutup beberapa tempat umum, menangguhkan makan di restoran, dan mengharuskan penduduk untuk menghindari perjalanan yang tidak perlu ke luar distrik.

“Gelombang demi gelombang,” kata seorang manajer bank di Xiamen.

“Rasanya seperti normal baru sekarang,” tambahnya.

Secara keseluruhan, Tiongkok daratan melaporkan 92 kasus covid-19 baru yang dikonfirmasi untuk 13 September, termasuk infeksi impor, dibandingkan dengan 49 sehari sebelumnya.

Tiongkok melaporkan 20 kasus baru covid-19 tanpa gejala, yang tidak diklasifikasikan sebagai infeksi yang dikonfirmasi, dibandingkan dengan 28 kasus sehari sebelumnya. Tidak ada kematian baru yang dilaporkan. Pada 13 September, Tiongkok daratan telah mencatat 95.340 kasus yang dikonfirmasi, dengan jumlah kematian kumulatif tidak berubah pada 4.636 kasus. (Aiw/Straitstimes/OL-6)

Baca Juga

AFP

90 Persen Warga Mumbai Diperkirakan Telah Miliki Antibodi Covid-19

👤Mediaindonesia.com 🕔Jumat 17 September 2021, 21:59 WIB
Hampir 90 persen dari warga ibu kota India, Mumbai, diperkirakan telah mempunyai antibodi COVID-19, menurut survei badan sipil yang dirilis...
scmp.com

Tiongkok Berupaya Membatasi Waktu Bermain Gim Daring

👤Mediaindonesia.com 🕔Jumat 17 September 2021, 21:41 WIB
Memerangi kecanduan gim pada...
AFP

Arc de Triomphe Dibalut Kain Perak

👤Febby Saraswati 🕔Jumat 17 September 2021, 19:11 WIB
Tugu peringatan perang yang megah ini dibungkus dengan polipropilen daur ulang berwarna biru-perak seluas 25.000 meter...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

Ramai-Ramai Abai Laporkan Kekayaan

KPK mengungkap kepatuhan para pejabat membuat LHKPN tahun ini bermasalah. Akurasinya juga diduga meragukan.

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya