Minggu 12 September 2021, 14:15 WIB

Presiden Tunisia Umumkan Rencana Amandemen Konstitusi

Nur AivanniĀ  | Internasional
Presiden Tunisia Umumkan Rencana Amandemen Konstitusi

AFP
Kais Saied seorang akademisi di bidang hukum yang sudah pensiun memenangi Pilpres Tunisia digelar Minggu (13/10).

 

PRESIDEN Tunisia Kais Saied telah mengumumkan rencana untuk mengamandemen konstitusi dan membentuk pemerintahan baru beberapa bulan setelah dia memecat perdana menteri dan menangguhkan parlemen dalam gerakan yang disebut pengkritiknya sebagai kudeta.

Saat berbicara kepada dua stasiun TV pada Sabtu, Saied mengatakan dia akan membentuk pemerintahan baru sesegera mungkin setelah memilih orang-orang yang paling berintegritas. Namun dia menolak memberikan batas waktu tertentu.

Baca juga: Menlu Australia Ingin Kerja Sama dengan Indonesia Soal Covid-19

Saied juga mengatakan perlu mengubah konstitusi. "Rakyat Tunisia menolak konstitusi tersebut," katanya. "Kami bisa memperkenalkan amandemen teks itu," katanya.

Ahli teori hukum dan mantan profesor hukum yang terpilih pada akhir 2019 itu telah menyebut dirinya sebagai penafsir utama konstitusi. Dia menggunakan kekuasaan itu pada 25 Juli untuk memecat perdana menteri, membekukan parlemen, dan mengambil alih semua kekuasaan eksekutif.

Perebutan kekuasaan itu terjadi di tengah pertikaian legislatif yang kronis yang telah melumpuhkan pemerintahan dan diikuti oleh gerakan anti-korupsi yang mencakup penahanan, larangan bepergian, dan tahanan rumah bagi para politisi, pengusaha, dan pejabat pengadilan.

Saied belum menunjuk pemerintahan baru atau mengungkapkan peta jalan menuju normalitas, meskipun ada tuntutan berulang oleh partai politik. Langkahnya telah dikritik oleh hakim dan lawannya, khususnya Partai Ennahdha, blok terbesar di parlemen

Awal bulan ini, para diplomat dari negara-negara G7 - Inggris, Kanada, Prancis, Jerman, Italia, Jepang, dan AS - meminta Saied untuk mengembalikan Tunisia ke "tatanan konstitusional". (AFP/OL-6)

Baca Juga

AFP/Medcom.id Logo

WHO Dukung Regeneron untuk Perawatan Covid-19

👤Atikah Ishmah Winahyu 🕔Jumat 24 September 2021, 17:01 WIB
Ini adalah obat pertama melawan covid-19 yang direkomendasikan WHO untuk digunakan pada pasien berisiko tinggi yang tidak parah untuk...
AFP

Direktur Pelaksana IMF Diminta Mundur

👤Atikah Ishmah Winahyu 🕔Jumat 24 September 2021, 14:44 WIB
"Kepala IMF harus memegang cincin sementara dua pemegang saham terbesarnya, Amerika dan Tiongkok, saling berhadapan di era baru...
AFP/Brendan Smialowski

Perkuat Kerja Sama, Wapres AS Temui PM India

👤Atikah Ishmah Winahyu 🕔Jumat 24 September 2021, 12:00 WIB
Pertemuan itu juga merupakan momen perayaan bagi 4 juta diaspora India di AS dan warga India di tanah air yang bangga dengan Harris yang...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

El Diablo Waspada Sodokan Pecco

Trek lurus sepanjang 1,2 kilometer di Circuit of The Americas, Austin, AS, dapat dimanfaatkan Pecco dengan tunggangan motor Ducati Desmosedici yang kian tangguh di beberapa seri terakhir.

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya