Rabu 11 Agustus 2021, 10:08 WIB

Kebakaran Hutan di Aljazair Renggut 42 Jiwa

Atikah Ishmah Winahyu | Internasional
Kebakaran Hutan di Aljazair Renggut 42 Jiwa

Ryad KRAMDI / AFP
Api tampak di atas bukit berhutan di daerah Kabylie, wilayah timur ibu kota Aljazair, Selasa (10/9).

 

PERDANA Menteri (PM) Aljazair Ayman Benabderrahmane mengungkapkan bahwa 42 orang, termasuk 25 orang militer, tewas dalam kebakaran hutan yang meletus di timur ibu kota Aljazair, Aljir.

Foto-foto yang diunggah di media sosial menunjukkan dinding api yang besar dan kepulan asap menjulang di atas pohon-pohon hangus di perbukitan berhutan di wilayah Kabylie, di sebelah timur ibu kota Aljir.

Aljazair bergabung dengan serangkaian negara yang akan dilanda kebakaran besar dalam beberapa pekan terakhir, termasuk Yunani, Turki, Siprus, Rusia, dan Amerika Serikat.

Presiden Aljazair Abdelmadjid Tebboune menyampaikan belasungkawa untuk 25 tentara yang tewas ketika menyelamatkan orang-orang di daerah Bejaiea dan Tizi Ouzou, pusat kebakaran.

"Dengan sangat sedih saya mengetahui kematian 25 tentara setelah mereka berhasil menyelamatkan sekitar 100 warga dari kobaran api di pegunungan Bejaia dan Tizi Ouzou," kata presiden melalui Twitter.

Kementerian Pertahanan Aljazair mengatakan tindakan para prajurit telah menyelamatkan 110 orang, yang terdiri dari pria, wanita dan anak-anak dari api.

Radio pemerintah mengatakan tiga pembakar telah ditangkap di distrik utara Medea dan satu lagi di Annaba, sehubungan dengan kebakaran lainnya.

Lebih dari 70 kebakaran terjadi di 14 negara bagian di utara negara itu, termasuk 10 khususnya di sekitar Tizi Ouzou, salah satu kota terpadat di Kabylie.

Petugas medis tampak membawa mayat orang-orang yang tewas dalam kebakaran itu.

Ahli meteorologi mengatakan suhu akan mencapai 46 C pada hari Selasa di negara Afrika Utara yang juga berjuang dengan kekurangan air yang parah.

Menteri Dalam Negeri Aljazair, Kamel Beldjoud, dalam kunjungan ke kota utara, mengatakan kepada televisi bahwa, “Tidak mungkin 50 kebakaran dimulai pada saat yang sama. Kebakaran ini berasal dari kejahatan.”

Direktorat Perlindungan Sipil setempat mengatakan 12 pusat kota utara dilanda kebakaran.

Diduga pembakaran

Radio publik melaporkan penangkapan tiga tersangka pelaku pembakaran di Medea. Pembakaran telah disalahkan atas beberapa kebakaran besar dalam beberapa tahun terakhir di Aljazair.

Bulan lalu, Presiden Tebboune memerintahkan rancangan undang-undang untuk memperketat hukuman karena memulai kebakaran hutan, dengan hukuman hingga 30 tahun penjara dan kemungkinan hukuman penjara seumur hidup jika kebakaran tersebut mengakibatkan kematian.

Pada Juli 2021, tiga orang ditangkap karena dicurigai memulai kebakaran yang menghancurkan 15 kilometer persegi hutan di pegunungan Aures.

Pada tahun 2020, hampir 440 kilometer persegi hutan dihancurkan oleh api, dan beberapa orang ditangkap karena dicurigai melakukan pembakaran.

Pada Senin (9/8), PBB merilis sebuah laporan besar yang menunjukkan bagaimana ancaman dari pemanasan global bahkan lebih akut dari yang diperkirakan sebelumnya.

Ini menyoroti bagaimana para ilmuwan mengukur sejauh mana pemanasan yang disebabkan manusia meningkatkan intensitas dan/atau kemungkinan peristiwa cuaca ekstrem tertentu, seperti gelombang panas atau kebakaran hutan. (Aiw/France24/OL-09)

Baca Juga

DOK.KEMENLU

Kemenlu Kembali Pulangkan 14 WNI Korban Penipuan dari Kamboja

👤mediaindonesia.com 🕔Senin 08 Agustus 2022, 21:45 WIB
Proses pemulangan tersebut merupakan tindak lanjut hasil pertemuan Menlu RI dengan Mendagri Kamboja dan Kepala Kepolisian Kamboja pekan...
AFP/Mohammed Abed.

Konflik Mematikan Palestina dan Israel sejak 2014

👤Mediaindonesia.com 🕔Senin 08 Agustus 2022, 21:33 WIB
Menyusul gejolak pertempuran terburuk di Gaza sejak perang 11 hari tahun lalu, berikut ini tinjauan kembali pada konflik mematikan...
AFP/Mohammed Abed.

Israel Runtuhkan Rumah Warga Palestina Diduga Membunuh dengan Kapak

👤Mediaindonesia.com 🕔Senin 08 Agustus 2022, 19:59 WIB
Israel menghancurkan rumah dua pemuda Palestina di Tepi Barat yang diduduki pada Senin (8/8). Keduanya dicurigai melakukan serangan...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya