Rabu 21 Juli 2021, 06:11 WIB

Rusia Rilis Pesawat Tempur Saingan F-35

Basuki Eka Purnama | Internasional
Rusia Rilis Pesawat Tempur Saingan F-35

AFP/Dimitar DILKOFF
Prototipe pesawat tempur produksi Sukhoi, The Checkmate, dipamerkan di sebuah airshow di Moskow.

 

RUSIA, Selasa (20/7), memperkenalkan pesawat tempur baru produksi Sukhoi yang dibuat untuk bersaing dengan pesawat tempur Amerika Serikat (AS) F-35. Pesawat tempur Rusia itu disebut mampu menghantam enam target sekaligus.

Diberi julukan 'The Checkmate', pesawat tempur itu dilaporkan telah mendapatkan pujian dari Presiden Rusia Vladimir Putin sebelum diperkenalkan di airshow dua tahunan di Moskow.

Pesawat itu pertama kali dilaporkan dibangun pada Mei tahun lalu.

Baca juga: Jeff Bezos Lakukan Perjalanan ke Luar Angkasa

Sebelumnya, hanya sedikit informasi diketahui mengenai pesawat yang dikembangkan oleh perusahaan pertahanan dan teknologi Rostec bekerja sama dengan perusahaan milik pemerintah Rusia United Aircraft Corporation.

"Tugas kami adalah agar pesawat ini bisa ditawarkan pada konsumen mulai 2026," ujar Direktur Jenderal United Aircraft Corporation Yuri Slyusar.

Rostec mendeskripsikan pesawat itu sebagai generasi kelima pesawat tempur ringan bermesin tunggal yang menghadirkan solusi inovatif termasuk kecerdasan buatan.

"Jet ini bisa menyerang enam target dalam waktu bersamaan baik di darat, udara, maupun laut bahkan saat berada dalam kondisi gangguan elektronik yang kuat," ujar produsen pesawat itu.

Dijual dengan harga antara US$25 juta dan US$30 juta, jet tempur ini bisa membawa pesawat nirawak dan menerbangkannya saat dalam penerbangan.

Slyusar memperkirakan akan ada 300 pesanan untuk pesawat itu selama 15 tahun mendatang terutama dari negara-negara Timur Tengah, Asia, dan Amerika Latih mengingat harga pesawat itu tujuh kali lebih rendah ketimbang F-35. (AFP/OL-1)

Baca Juga

AFP/Jack Guez.

Menhan Israel akan Bahas Spyware Pegasus dengan Prancis

👤Mediaindonesia.com 🕔Selasa 27 Juli 2021, 18:05 WIB
Ada sejumlah topik yang akan dibahas, seperti krisis di Libanon, negosiasi nuklir dengan Iran, dan malware Pegasus yang dibuat oleh...
STR / AFP

Junta Myanmar Batalkan Hasil Pemilu yang Menangkan Partai Suu Kyi

👤Nur Aivanni 🕔Selasa 27 Juli 2021, 16:10 WIB
Investigasi telah mengungkap lebih dari 11 juta kasus kecurangan dalam pemilihan di mana Liga Nasional untuk Demokrasi pimpinan Suu Kyi...
AFP/Saeed Khan.

Varian Delta Terkendali, Melbourne akan Cabut Lockdown

👤 Nur Aivanni 🕔Selasa 27 Juli 2021, 13:17 WIB
Setidaknya selama dua minggu, masyarakat tidak dapat mengundang tamu ke rumah mereka dan jumlah orang dalam pertemuan di luar ruangan akan...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

Saling Jaga dari Serangan Virus

PANDEMI covid-19 telah berdampak besar bagi warga, terutama bagi mereka yang memiliki penghasilan harian, seperti ojek daring, buruh harian, dan pekerja lepas.

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya