Selasa 29 Juni 2021, 10:52 WIB

Misi Penjaga Perdamaian PBB Terancam Tutup

Atikah Ishmah Winahyu | Internasional
Misi Penjaga Perdamaian PBB Terancam Tutup

medcom.id
Ilustrasi pasukan perdamaian

 

MISI penjaga perdamaian PBB secara global sedang mempersiapkan kemungkinan penutupan pada Kamis (1/7) jika Majelis Umum PBB yang beranggotakan 193 orang tidak dapat menyetujui anggaran baru senilai US$6 miliar untuk tahun ini hingga 30 Juni tahun depan.

Sejumlah diplomat menyalahkan perubahan pada prosedur negosiasi, masalah dengan logistik dan pembicaraan alot yang mengadu Tiongkok dengan negara-negara Barat atas keterlambatan dalam mencapai kesepakatan.

Kepala Strategi Manajemen, Kebijakan dan Kepatuhan PBB Catherine Pollard mengatakan 12 misi penjaga perdamaian badan dunia yang sebagian besar berada di Afrika dan Timur Tengah, telah disarankan untuk mulai membuat rencana darurat jika anggaran baru tidak diadopsi tepat waktu.

"Pada saat yang sama, kami tetap berharap dan yakin bahwa negara-negara anggota akan menyelesaikan negosiasi mereka," kata Pollard.

Dia mengatakan jika batas waktu Rabu (30/6) terlewati, maka Sekretaris Jenderal Antonio Guterres hanya dapat menggunakan uang untuk menjaga aset PBB serta memastikan perlindungan staf dan pasukan penjaga perdamaian.

Baca juga: Bom Mobil Lukai 13 Pasukan Penjaga Perdamaian PBB di Mali

Kepala penjaga perdamaian PBB Jean-Pierre Lacroix mengatakan misi akan sangat terbatas dan tidak dapat melakukan tindakan seperti melindungi warga sipil, membantu mengatasi covid-19 dan mendukung upaya dan mediasi politik.

Amerika Serikat dinilai memiliki kontributor terbesar untuk anggaran pemeliharaan perdamaian, bertanggung jawab atas sekitar 28%, diikuti oleh Tiongkok dengan 15,2% dan Jepang dengan 8,5%.(Straitstimes/OL-5)

Baca Juga

AFP/Hoshang Hashimi

Indonesia Diharapkan Terus Berkontribusi dalam Perdamaian di Afghanistan

👤Nur Aivanni 🕔Rabu 22 September 2021, 12:15 WIB
Retno menekankan kepentingan Indonesia hanya satu, yaitu ingin melihat rakyat Afghanistan menikmati perdamaian, sejahtera, dan dihormati...
ANTARA FOTO/Dhemas Reviyanto

Bertemu Menlu Inggris-Arab, Retno Sampaikan Situasi Covid-19 Indonesia Membaik

👤Nur Aivanni 🕔Rabu 22 September 2021, 11:27 WIB
"Saya menjelaskan mengenai situasi covid di Indonesia yang sudah sangat melandai dan membaik. Saya berikan semua data...
AFP/Jose Luis Magana

Indonesia Terus Upayakan Persempit Kesenjangan Vaksin Covid-19

👤Nur Aivanni 🕔Rabu 22 September 2021, 11:08 WIB
Isu yang pertama yang akan dibawa adalah kerja sama mengatasi pandemi, termasuk bekerja sama untuk mempersempit kesenjangan vaksin...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

Miliarder Baru dari Pundong

MASYARAKAT dihebohkan dengan video viral warga Dukuh Pundong III, Kelurahan Tirtoadi, Mlati, Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, membeli tiga mobil dengan uang tunai.

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya